Aksi Galang Hazmat Ala Komunitas di Jombang

Suarapendidikan.com, Jombang – Darurat Covid-19 di Kabupaten Jombang membuat banyak lini bergerak bersama memerangi pandemi ini, mulai dari Pemerintah Daerah, TNI, POLRI, Tokoh Masyarakat, LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat), Awak Media , tak terkecuali Aksi Muda Jombang (AMJ) yang menggelar Aksi Galang Hazmat untuk tenaga medis .

Salah satu koordinator AMJ Sabila Rusyadi menyampaikan terkait Aksi Galang Hazmat ini murni inisiasi teman-teman yang tergabung dalam komunitas ini sebagai bentuk kepedulian terhadap petugas medis yang berada di garis terdepan.

“Kalau di luar sana teman-teman yang galang donasi banyak untuk masyarakat yang kurang mampu, pekerja harian dan lain-lain. Namun untuk aksi kita ini dikhususkan bagi petugas medis paling dasar yaitu di tingkat puskesmas,karena melihat kondisi di lapangan untuk APD (Alat Pelindung Diri) sangat terbatas,” Kata Sabila kepada Redaksi Suara Pendidikan.com.

Rilis per tanggal (12/4) Jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia terus bertambah. Serikat Pekerja Farmasi dan Kesehatan Reformasi (FSP FARKES/R) bahkan mencatat, 44 tenaga medis meninggal dunia akibat terinfeksi virus corona. Rinciannya, 32 dokter dan 12 perawat. Ini yang menjadi salah satu alasan AMJ membuat gerakan ini.

Annisa Aurora salah satu Anggota AMJ menambahkan gerakan ini diberi tema “HAZMAT FOR LOCAL HEROES”. Penggalangan dana dilakukan secara online melalui beberapa rekening yang disiapkan. Menyesuaikan himbauan pemerintah untuk melaksanakan Physical Distancing.

“Kita bersama teman-teman AMJ berkomitmen untuk membangun empati anak muda Jombang. Karena kalau bukan kita siapa lagi kalau tidak sekarang kapan lagi. Siapapun boleh bergabung dan berdonasi disini insyaalloh sedikit yang kita lakukan bisa menjadi manfaat bagi orang lain,” terang Icha pangilan gadis perjilbab ini.

Untuk berdonasi bisa anda ikuti akun instagram https://www.instagram.com/aksimudajombang/?hl=id , disini anda bisa melihat update perolehan donasi yang setiap hari dirilis, per 9 April dana sudah terkumpul Rp. 5.162.976,-

Donasi yang masuk sepenuhnya akan disalurkan berupa APD (Alat Pelindung Diri) yang akan disalurkan kepada seluruh puskesmas di Kabupaten Jombang. AMJ kordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang dalam penyaluran bantuan ini agar tidak terjadi penumpukan APD pada salah satu puskesmas saja.

“Dari data yang kita peroleh dari Dinkes Jombang ada 34 Puskesmas yang akan menjadi sasaran bantuan kami, saat ini kita sudah memesan APD dengan dana yang masuk dan tahap awal akan kita salurkan ke 15 puskesmas terlebih dulu, sisanya menggu donasi terkumpul lagi,” jelas Icha di saat dialog interaktif di Suara Pendidikan Tv (13/4) kemarin.

AMJ mengajak siapa saja yang ingin bergabung dalam aksi ini baik dalam bentuk materi maupun tenaga, tujuannya hanya untuk memberikan manfaat bagi sesama utamanya bagi garda terdepan dalam pandemi Covid 19 di Jombang yaitu tenaga medis. AMJ berharap dengan sedikit aksi yang dilakukan bisa memutus penyebaran virus ini. (SM/NR)