Besok Terakhir Pendataan Pekerja Seni Terdampak Covid 19

Suarapendidikan.com, Jombang – Dampak pandemi Covid 19 tidak hanya dirasakan pekerja harian saja namun juga berbagai lini usaha baik yang bergerak secara online maupun offline termasuk juga pekerja seni. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan (Ditjenbud) melakukan pendataan pekerja seni yang terdampak Covid-19. Pendataan gelombang pertama telah berlangsung sejak Jumat (3/4/2020), dan ditutup pada Rabu (8/4/2020), dengan mengisi formulir daring melalui bit.ly/borangpsps.

Pendataan ini dilakukan untuk membantu perekonomian para pekerja seni yang terdampak Covid-19. Mereka yang didata adalah pekerja seni yang biasanya memiliki penghasilan di bawah Rp10 juta per bulan (sebelum ada wabah Covid-19)

Plt Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Kabupaten Jombang Anton Antono membenarkan adanya pendataan tersebut, namun untuk di Kabupaten Jombang pendataan terakhir dilakukan besuk (16/4) pukul 12 siang.

PLT Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Kabupaten Jombang

“Untuk sampai saat ini sudah ada 90 nama yang sudah masuk, dan data besuk kita akan kirimkan ke provinsi untuk langkah lanjutan,” terang Anom saat dialog interaktif di Suara Pendidikan TV (15/4).

Merujuk informasi yang dihimpun redaksi Suarapendidikan.com dari laman resmi Kemendikbud bahwa Untuk skema pertama, Kemendikbud akan mengintegrasikan data pekerja seni ke dalam Program Keluarga Harapan (PKH) yang ada di Kementerian Sosial.

Kemudian skema kedua adalah untuk pekerja seni dengan kriteria berpenghasilan di bawah Rp10 juta per bulan, tidak memiliki pekerjaan lain kecuali di bidang seni, belum berkeluarga, dan mendapatkan bansos atau terdaftar dalam program Kartu Pra Kerja.

Anom Antono Menyampaikan bahwa Bidang Kebudayaan hanya memenuhi permintaan data oleh provinsi Jawa Timur untuk keputusan siapa-siapa yang nantinya berhak mendapatkan stimulan dari pemerintah sepenuhnya kewenangan Provinsi.

“Untuk teman-teman pekerja seni atau kelompok seni yang belum terdata segera mendaftar atau mendatakan diri ke bidang kebudayaan di kantor Disdikbud Jombang jam kerja, atau melalui kontak whatsapp di nomor 085731228352,”terang pria yang juga seorang dalang ini.

Format untuk pendataan cukup mudah yaitu dengan mencantumkan:

  1. Nama                    :
  2. NIK                         :
  3. Bidang Seni         :
  4. Sanggar               :
  5. No Handphone :
  6. Alamat Email      :
  7. Alamat Tinggal  :

Selain pendataan ini Bidang Kebudayaan Disdikbud Jombang tetap melayani penerbitan Nomor Induk Kesenian dan perpanjangannya setiap hari kerja.

“Kita berharap di masa pandemi ini para pekerja seni di Jombang tetap produktif dalam berkarya meskipun dari rumah, dan bisa memanfaatkan berbagai media sosial yang ada sehingga karya kita bisa dinikmati oleh orang lain dan menghibur,” pungkas Anom.

Untuk diketahui data per 2019 sudah ada 720 induk kesenian yang sudah terdaftar. Jika ada kelompok kesenian yang ingin mendaftar sangat disilahkan tanpa biaya sepeserpun alias GRATIS. (SM/NR)