Suarapendidikan.com, Jombang – Peringatan Hari Kesetiakawanan Nasional Provinsi Jawa Timur berlangsung meriah. Acara yang diselenggarakan di Alun – Alun Jombang pada Jumat (14/12) siang tersebut dihadiri sekitar 5000 undangan dari beberapa kabupaten/kota di Jawa Timur.

Beberapa pejabat tinggi dari tingkat nasional sampai kabupaten turut hadir dalam acara tersebut, diantaranya Staf Ahli Menteri Sosial RI Bidang Perubahan dan Dinamika Sosial Asep Sasa Purnama, Walikota Malang, Bupati Bangkalan, Bupati Madiun dan beberapa perwakilan Kepala Daerah tingkat Kabupaten/Kota lain di Jawa Timur.

Acara yang bertema “Kesetiakawanan Sosial Menembus Batas” tersebut dibarengi dengan Bakti Sosial diantaranya pelayanan donor darah dari PMI Kabupaten Jombang, operasi katarak gratis kerjasama RSUD Jombang dan KOARMADA II TNI AL, pemeriksaan kesehatan gratis dari Dinas Kesehatan Jombang, Pemeriksaan PAP SMEAR gratis dan deteksi dini kanker serviks dari RSAI Muslimat Jombang.

Dalam sambutannya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak seluruh masyarakat Jawa Timur untuk peduli dan memberikan pelayanan sosial sebaik – baiknya.
“ Saya mengajak kita semua untuk belajar dari sejarah lahirnya Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional ketika Jenderal Soedirman bergerilya dan masyarakat saling membantu untuk melancarkan gerilya pasukan Indonesia yang dipimpin Jenderal Soedirman ini” ungkapnya.

Para Penerima Penghargaan dari Gubernur Jawa Timur

Sementara itu Bupati Jombang Mundjidah Wahab mengungkapkan rasa terimakasih kepada seluruh pihak pendukung dan masyarakat Jombang yang ikut mensukseskan gelaran Peringatan HKSN di Jombang ini.


“Ini merupakan suatu kehormatan bahwa ini adalah kesempatan pertama bagi Kabupaten Jombang mendapat amanah sebagai tuan rumah event dari Provinsi Jawa Timur” jelasnya.


Dalam acara tersebut juga diadakan penyerahan hadiah serta penghargaan tingkat Provinsi Jawa Timur diantaranya Penghargaan Kepala Daerah Peduli PPKS (Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial) yang diraih oleh Bupati Jombang Mundjidah Wahab, Tagana Award, TKSK Prestasi, PSM Berprestasi, Karang Taruna Berprestasi, LKS Prestasi, dan Pendamping PKH Graduasi Terbanyak. Selain itu juga dibagikan berbagai macam doorprize dan fasilitas penunjang TKSK berupa motor dan santunan anak yatim yang langsung diberikan oleh Gubernur Jawa Timur dan Bupati Jombang. (NR)