Dibuka Pendaftaran seleksi Peserta Program Pertukaran Guru Indonesia – Korea 2020 (Indonesian-Korean Teacher Exchange Tahun 2020)

Suarapendidikan.com, Jombang – Salam sukses dan sehat selalu untuk seluruh bapak ibu guru damanapun berada. Semangat berkarya selalu untuk mendidik anak bangsa. Kali ini Redaksi Radio Suara Pendidikan Jombang akan berbagi berkaitan dengan info beasiswa pertukaran Guru ke Korea yang kali ini deselenggarakan oleh Kemdikbud lewat Program Pertukaran Guru Indonesian-Korean Teacher Exchange Tahun 2020. 

Adapun program ini sendiri telah berlangsung sejak 2013. Pada tahun ini, program tersebut akan diikuti oleh beberapa guru Indonesia dari berbagai jenjang (SD,SMP,SMA/SMK) yang akan ditempatkan di sekolah-sekolah di Korea Selatan selama 3 (tiga) bulan, direncanakan mulai bulan Agustus sampai dengan November 2020. Demikian pula sebaliknya, guru-guru Korea Selatan akan ditempatkan di sekolah-sekolah Indonesia selama 3 (tiga) bulan.

Program pertukaran guru di tahun 2020 ini, diikuti negara Asia Pasifik termasuk Indonesia. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pendidikan global guru dan keterampilan komunikasi lintas budaya melalui pengalaman-pengalaman. Kemudian, untuk menumbuhan sikap saling pengertian masyarakat dalam wilayah Asia-Pasifik; serta untuk membuat model kerjasama pengembangan pendidikan.

Sudah waktunya anda mencoba peruntungan untuk ke luar negeri gratis. Tahun ini, ada 6 kota/kabupaten dan 5 provinsi di Indonesia yang menjadi sasaran untuk mengikuti seleksi pertukaran guru ke Korea, yakni Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Maluku, dan Provinsi Papua Barat, Kota Semarang, Surabaya, Ambon, Banyuwangi, Samarinda, dan Kota Sorong.

Adapun syarat untuk mengikuti kegiatan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Pria/wanita berusia 30 s.d. 45 tahun;

2. Sehat jasmani dan rohani;

3. Guru padajenjang SD, SMP, dan SMA/SMK

4. Pengalaman mengajar min.5 tahun;

5. Mampu berbahasa Inggris lisan dan tulisan (Aktif) dan dibuktikan dengan sertifikat TOEFL yang masih berlaku, minimal Skor 450;

6. Belum pernah mengikuti program pertukaran guru dengan Korea Selatan;

7. Energik, memiliki keterampilan kesenian, khususnya seni tradisional, kreatif, memiliki interpersonal yang baik dan berwawasan luas terutama hubungan antar bangsa;

8. Memiliki karakter yang representatif sebagai duta bangsa.

Adapun persyaratan administratif yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut:

1. Fotokopi SK CPNS dan SK terakhir (Guru PNS) / SK Guru Tetap Yayasan (GTY)

2. Surat izin dari Kepala Sekolah mengetahui Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.

3. Fotokopi KTP

4. Pasfoto terbaru berwarna (4×6)

5. Biodata dilampiri fotokopi sertifikat bukti pernah mengikuti kegiatan-kegiatan yang relevan dengan program ini jika ada).

Sesuai yang tertera dalam surat edaran yang diterima Redaksi Radio Suara Pendidikan Jombang, semua berkas yang dibutuhkan semua dalam bentuk Scan-file PDF dengan nama folder menggunakan nama calon peserta masing-masing. Kelengkapan berkas dikirim ke alamat email: retno.Yulianti@kemendikbud.go.id selambat-lambatnya Jumat, 13 Maret 2020.

Bagi calon yang memenuhi persyaratan akan mengikuti seleksi berikutnya (tes tulis dan wawancara) pada bulan Mei 2020. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi saudari Retno Yulianti, di nomor Hp 081210003712.

Ayo manfaatkan peluang besar ini untuk menambah ilmu dan mengembangkan skill yang kita miliki, sehingga menjadi insan pendidik yang berwawasan internasional. (SF/NR)

Edaran dapat anda download di bawah ini.