Diklat Penyusunan PTK 4.0 Versi Terbaru dan Penilaian Soal HOTS Segera Digelar

Suarapendidikan.com, Jombang – Dalam rangka meningkatkan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan yang beruara pada guru, Lembaga Pelatihan dan Pengembangan Profesi Guru Jawa Timur dan Dinas Pendidikan Kebudayaan Kabupaten Jombang akan menyelenggarakan Diklat Pola Materi 32 jam pada Jumat-Mingu (10-12/1) mendatang.

Diklat yang mengusung tema “Penyusunan PTK 4.0 Versi Terbaru dan Penilaian Soal Hots (Higher-Order Thinking Skils)” ini akan diselenggarakan di Gedung Aula PSBR Jombang yang berlokasi di Jalan Dr. Wahidin Sudrohusodo No. 9 Jombang.

Dalam diklat ini mengundang berbagai narasumber dari berbagai unsur pendidikan diantaranya, Agus Purnomo Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang, Amirul Mustofa Ketua LPPPG Provinsi Jawa Timur, Widayanto dari Balai Diklat Provinsi Jawa Timur, Prof. Zainudin Guru Besar Universitas Negeri Malang, dan IM Hambali dari Jurnal Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.

Prof. Zainudin salah satu narasumber yang akan menyajikan materi penyusunan PTK 4.0 mengungkapkan karya ilmiah dari para guru akan berperan besar terhadap peningkatan prestasi bangsa.

“Pemerintah saat ini sedang bersiap menyambut dan mencapai visi Indonesia Emas 2045, dimana pada tahun itu adalah puncak dalam proses bonus demografi yang terjadi hanaya pada beberapa negara, dan Indonesia optimis akan menjadi negara maju pada tahun 2045”ujarnya saat talkshow bersama Radio Suara Pendidikan Jumat (3/1) Sore.

Sementara Markum Ketua Forum Koordinator Wilayah Kerja Disdikbud Jombang mengatakan program  yang diselenggarakan LPPPG ini memang dibutuhkan oleh guru untuk meningkatkan profesionalisme guru.

“Selain itu durasi selama 32 jam itu dari segi sertifikatnya akan diakui dalam angka kredit, nilainya satu. Untuk sertifikat itu selain isinya, juga penyelenggaranya dan durasinya harus memenuhi syarat” katanya.

Dalam diklat pola materi 32 jam ini diutamakan guru yang sudah bersertifikasi dan menerima TPP (Tunjangan Profesi Pendidik) dan tempat pendaftaran di Korwil Kecamatan atau bisa menghubungi 085 232 709 273 (Sulton). (NR)