Disdikbud Jombang berupaya Tingkatkan Jumlah Lembaga PAUD PNF yang Terakreditasi

Suarapendidikan.com, Jombang – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang melalui Bidang Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal (PNF) menggelar sosialisasi akreditasi lembaga PAUD dan PNF pada Jumat (28/2) pagi di Aula 1 Disdikbud Jombang. Sosialisasi dibuka oleh Kepala Bidang PAUD dan PNF, Bambang Rudy Tjahjo didampingi Kepala Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana Sutris Murjaka dan Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Siti Arlikah. Akreditasi merupakan poin penting dalam legal formal dan merupakan nilai lebih bagi lembaga itu sendiri.

“Akreditasi merupakan syarat untuk mendapatkan bantuan dana dari pemerintah,” ungkap Bambang.

Ia berharap semoga semua peserta bisa mengikuti sosialisasi ini dengan baik, agar mendapat manfaatnya.

Dalam kesempatan ini hadir 2 narasumber dari Asesor Badan Akreditasi Nasional PAUD dan PNF Provinsi Jawa Timur, Tomas Muda dan Joko Suwono. 

Tomas mengatakan awal tahun 2020 aplikasi yang digunakan untuk akreditasi adalah Sispena 2.0, tetapi akhir-akhir ini aplikasi tersebut masih ditahan oleh Kemendikbud RI. Lembaga hanya bisa menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan sambil menunggu regulasi yang nanti akan ditetapkan, sedangkan dokumen pembelajaran harus tetap dibuat karena itu menyangkut tentang pembelajaran anak didik.

Sosialisasi ini dihadiri 90 peserta yang terdiri dari beberapa lembaga, 1 Tempat Penitipan Anak (TPA), 2 Satuan PAUD sejenis (SPS), 32 Kelompok Bermain (KB), 5 Raudatul Athfal (RA), 32 TK, 10 LKP dan 8 PKBM. (AA/NR)