Disdikbud Jombang Gelar Workshop Penguatan Kompetensi Penilik PAUD dan PNF

Suarapendidikan.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang melalui Bidang Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non Formal (PNF) menggelar Workshop Penguatan Kompetensi Penilik PAUD dan PNF pada Senin pagi (21/9) di Aula 3 Disdikbud Jombang. 

Workshop dibuka oleh Bambang Rudy Tjahjo, Kepala Bidang PAUD dan PNF Disdikbud Jombang. Dalam sambutannya ia mengatakan Penilik mempunyai tugas memonitoring dan mengevaluasi kegiatan belajar dari rumah peserta didik dilembaga binaan masing-masing. Kesehatan merupakan prioritas utama, adapun pembelajaran tatap muka dilakukan menunggu pemberitahuan dari Kepala Disdibud Jombang.

Dalam menjalankan tugas memang dibutuhkan penyegaran, dimana kegiatan-kegiatan yang sudah kita lakukan bisa dievaluasi. Salah satunya dengan diadakan workshop ini, tentunya para Penilik akan memiliki ilmu-ilmu baru.

Bambang Rudy Tjahjo saat membuka Workshop Penguatan Kompetensi Penilik didampingi Ketua Panitia dan Narasumber

”Kita berharap para Penilik tetap semangat dalam menjalankan tugas sampai akhir masa jabatannya,” ungkap Rudy sapaan akrabnya.

Narasumber pun dihadirkan langsung dari Universitas Negeri Malang, salah satunya yaitu Sri Wahyuni Dosen Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Fakultas Ilmu Pendidikan. Ia mencoba memberikan bagaimana kondisi Penilik diluar Jawa agar timbul kebanggaan sebagai Penilik di Kabupaten Jombang. 

“Mari menulis, buat Karya Tulis Ilmiah. Memang awalnya sulit, pahami aturan-aturan penulisannya. Itu bisa untuk kenaikan pangkat Penilik,” ungkap Sri Wahyuni.

Para Penilik siap dalam menerima materi Workshop Penguatan Kompetensi Penilik

Workshop ini dilaksanakan sampai tanggal 23 September 2020. Adapun peserta dari semua Penilik PAUD dan PNF Disdikbud Jombang sebanyak 20 orang yang tersebar di 21 kecamatan. Perlu diketahui Penilik adalah tenaga kependidikan yang memiliki tugas pokok melaksanakan kegiatan pengendalian mutu dan evaluasi dampak program pendidikan nonformal dan informal (program pendidikan anak usia dini, pendidikan kesetaraan dan keaksaraan, serta kursus pada jalur pendidikan nonformal dan informal). (AA/NR)