Disdikbud Jombang Hadirkan Kepala Sekolah TK, SD dan SMP, Targetkan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah

Suarapendidikan.com – Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) Tahun 2020 akan dilaksanakan Oktober 2020. Serangkaian kegiatan sudah dilalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang dalam penentuan standar PKKS. Kepala Sekolah sebagai obyek dalam penilaian ini tak luput dari sosialisasi.

Disdikbud Jombang melalui Bidang Pembinaan Ketenagaan pada Jumat pagi  (18/9) mengelar sosialisasi PKKS bagi semua Kepala Sekolah mulai jenjang Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Aula 1 Disdikbud Jombang. 

Sosialisasi ini dibuka Agus Purnomo, Kepala Disdikbud Jombang. Dalam sambutannya Agus juga menyampaikan tentang protokol kesehatan. Ia berharap jangan sampai ada Cluster Covid-19 di Sekolah. Kepala sekolah wajib memiliki beberapa kompetensi, diantaranya manajerial, supervisi dan kewirausahan.

”Pahami aturan-aturan yang berhubungan dengan 8 Standar Nasional Pendidikan. Semoga semua Kepala Sekolah mendapat nilai baik,” ungkapnya.

Materi PKKS ini disampaikan Jumadi, Sekretaris Disdikbud Jombang yang memang dari awal mengikuti penyusunan instrumen PKKS. Jumadi menyampaikan jika kurangpaham dalam menjalankan PKKS, segera minta bimbingan pengawas sekolah binaannya.

”Nilai PKKS tidak langsung diberikan kepada Kepala Sekolah, karena nilai itu harus di plenokan terlebih dahulu di forum pengawas sekolah,” tutur Jumadi.

Perlu diketahui sosialisasi ini terbagi menjadi 6 gelombang selama 3 hari mulai tanggal 18 sampai 21 September 2020. Adapun jumlah peserta sebanyak 297 kepala sekolah yang terdiri dari 42 Kepala TK, 189 Kepala SD dan 66 Kepala SMP. (AA/NR)