Disdikbud Jombang Sosialisasi Dapodik Secara Online di Radio Suara Pendidikan

Suarapendidikan.com, Jombang – Menindaklanjuti Instruksi Presiden, Gubernur Jawa Timur, Bupati Jombang serta himbauan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang, untuk tidak mengadakan kegiatan yang mengumpulkan banyak orang, menyikapi hal tersebut Disdikbud Jombang mengadakan sosialisasi Dapodik 2020b secara online. Kegiatan sosialisasi awalnya dilakukan secara langsung di Aula 2 Disdikbud mulai pertengahan Februari 2020.

Pelaksana Pengolah Data Kelembagaan Disdikbud Jombang, Hadi Suprayitno dan Muhammad Lucky Ali Murfiqi pada hari Kamis (19/3) pagi mengadakan sosialisasi Dapodik 2020b secara online di Radio Suara Pendidikan. Pada waktu sosialisasi memang tidak terjadi masalah, masalah baru muncul ketika proses pemutakhiran. Setiap satuan pendidikan mempunyai masalah yang berbeda-beda, solusi nya pun juga berbeda-beda, adapun yang sering terjadi masalah terkait sertifikasi.

Data Pokok Pendidikan (Dapodik) merupakan data lengkap yang memuat Subtansi Pendidikan, Satuan Pendidikan, Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Peserta Didik dan Sarana Prasarana.

“Dapodik dapat dimanfaatkan untuk Program Indonesia Pintar (PIP), Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Aneka Tunjangan Guru, Ujian Nasional dan Akreditasi Sekolah” ungkap Hadi.

Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) juga bersumber dari Dapodik. Adapun syarat memperoleh NUPTK yaitu GTK sudah terdaftar di Dapodik, bertugas di satuan pendidikan yang memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), sudah mengajar 2 tahun pelajaran secara berturut-turut, mempunyai rombongan belajar dengan jumlah 24 jam per minggu, mempunyai KTP, Ijazah Pendidikan Dasar sampai Diploma 4 atau Strata 1.

“Operator Sekolah harus tetap semangat, isikan data yang valid sesuai kenyataan yang ada, kalau terjadi kendala teknis Disdikbud Jombang siap membantu dan harus bersabar,” tutur Lucky.

Nantikan live video streaming tentang Dapodik selanjutnya di Fanpage Facebook : Radio Suara Pendidikan Jombang dan di chanel Youtube Suara Pendidikan TV. (AA/NR)

https://www.youtube.com/channel/UCyTGDdpBrlHAbYID4DrXZUg?view_as=subscriber