Disdikbud Jombang Sosialisasikan Portal Rumah Belajar Bersama Sahabat Rumah Belajar Jawa Timur

Suarapendidikan.com – Portal Rumah Belajar adalah portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat. Dengan menggunakan Rumah Belajar, kita dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis.

Bertempat di Studio SPTV pada Senin pagi (19/10), Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang, Jumadi membuka Webinar Rumah Belajar “Rumah Belajar Sebagai Platform Pendukung Program Belajar Dari Rumah”. Ia mengatakan belajar dimulai dari ayunan ibu sampai liang lahat. Semoga dengan hadirnya rumah belajar ini anak-anak bisa belajar dengan baik, guru-guru bisa mengajar dengan baik.

“belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja,” ucap Jumadi.

Pemateri berasal dari Sahabat Rumah Belajar yaitu Didin Handoko dan Wiwin Fida Yanti, mereka memaparkan tentang Fitur utama pada website rumah belajar yang bisa diakses di https://belajar.kemdikbud.go.id/ mulai dari Sumber Belajar, Kelas Maya, Bank Soal dan Laboratorium Maya. Serta pemaparan tentang fitur pendukung seperti Peta Budaya, Buku Sekolah Elektronik, Wahana Jelajah Angkasa, dll.

Webinar ini diikuti oleh Guru-guru SD Negeri maupun swasta se Kabupatem Jombang yang terbagi menjadi 7 gelombang, mulai tanggal 19 – 22 Oktober 2020 dan disiarkan langsung di Youtube Chanel Suara Pendidikan TV. (AA/NR)