Disdikbud Jombang Targetkan Peserta KSN SMP 2020 Meningkat

Suarapendidikan.com, Jombang – Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2020 tingkat kabupaten Jombang akan digelar pada akhir 28 Maret 2020 di SMP Negeri 3 Jombang.

Disampaikan oleh Kasi Peserta Didik SMP Rendra Kusuma bahwa pendaftaran ditutup pada 20 Maret 2020. Pendaftaran tidak dipungut biaya atau gratis.

“KSN ini merupakan kesempatan baik untuk mengasah jiwa karakter kompetitif siswa dan sportifitas. Bukan sekedar perebutan juara,”terang Rendra saat sosialisasi KSN di Radio Suara Pendidikan Jombang (5/3).

Rendra mengajak semua sekolah SMPN/SMP Swasta/MTsn /MTs Swasta untuk ikut meramaikan ajang setahun sekali ini untuk mengukur sejauh mana kompetensi siswa dan membangun karakter siswa ditengah kemajuan teknologi saat ini.

“Dari 250 sekian lembaga pendidikan yang ada di Jombang harapanya tahun ini peserta bisa mencapai 200, meningkat dari tahun lalu yang jumlahnya hanya 70 peserta,” katanya.

Tema KSN SMP 2020 kali ini yaitu “Mengembangkan kemampuan 4K (Kritis, Kreatif, Kolaboratif, dan Komunikatif) siswa melalui Sains”. Dengan tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan, khususnya bidang Matematika, IPA, dan IPS yang berasaskan pendidikan karakter.

“Siapapun yang menjadi juara di KSN Kabupaten otomatis akan mewakili Jombang untuk ikut KSN tingkat Provinsi Jawa Timur. dan sebelum berangkat ke tingkat Jawa Timur akan dilakukan pembinaan terlebih dahulu oleh tim yang ditunjuk,”pungkasnya.

Ayo Daftarkan siswa siswi terbaik di sekolah anda di KSN Kabupaten Jombang 2020. (NR)

Persyaratan Peserta OSN (KSN) SMP 2020

1. Berkewarganegaraan Indonesia.

2. Bukan peraih medali emas, perak, dan perunggu pada KSN SMP Tingkat Nasional tahun sebelumnya.

3. Terdaftar sebagai siswa SMP/MTs Negeri/Swasta, atau yang sederajat.

4. Kelas 7 atau 8 pada Tahun Ajaran 2019/2020, saat mengikuti seleksi KSN di tingkat Kab./Kota dan Provinsi.

5. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar di Data Pokok Peserta Didik yang diperoleh dari Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

6. Sekurang-kurangnya telah mengikuti proses belajar mengajar selama satu semester di sekolah tersebut, dibuktikan dengan surat keterangan kepala sekolah.

7. Memiliki nilai rapor sejak semester pertama serendah-rendahnya 75 (tujuh puluh lima) dalam skala 100 (seratus) untuk bidang lomba yang akan diikuti.

8. Berkelakuan baik dan tidak terlibat penyalahgunaan obat terlarang dan minuman keras, yang dibuktikan dengan surat keterangan kepala sekolah.

9. Dikirim oleh sekolah yang bersangkutan dibuktikan surat keterangan kepala sekolah.

10.Setiap peserta hanya berhak mengikuti 1 (satu) bidang lomba.