Disdikbud Jombang Terapkan Protokol Kesehatan Covid-19, Saat Gelar Bimtek E-RKAS Tahap 2 Entry Buku Online

Penerapan Standar Protokol Kesehatan Covid-19 oleh peserta Bimtek E-RKAS Tahap 2 di Aula 1 Disdikbud Jombang, pada Kamis pagi (11/6).

Suarapendidikan.com, Jombang – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang melalui Sub Bagian Penyusunan Program dan Evaluasi (PP dan E) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Elektronik – Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (E-RKAS) Tahap 2 di Aula 1 dan Aula 2 Disdikbud Jombang, pada Kamis pagi (11/6).

Sesuai jadwal kegiatan tersebut akan dilaksanakan hingga tanggal 21 Juli 2020 mendatang, yang diikuti sebanyak 664 lembaga SD dan SMP Negeri maupun Swasta se Kabupaten Jombang. Jumlah itu terdiri dari Petugas Verifikasi BOS (Bantuan Operasional Sekolah), Bendahara Bos/Juru Buku Bos.

Hadir sebagai pembuka acara, Sekretaris Disdikbud Jombang, Jumadi yang didampingi oleh Kepala Sub Bagian PP dan E, Ana Arisanti, mengatakan bahwa meskipun mengadakan Bimtek saat pandemi Covid-19, pihaknya tetap memberlakukan protokol kesehatan masyarakat covid-19 bagi setiap peserta.

“Kita semuanya sebelum masuk Aula 1 wajid cuci tangan pada tempat yang sudah disediakan, harus pakai masker, pakai Face Shield atau pelindung wajah dan harus ditemp gun dulu, agar tahu suhu tubuhnya,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan bahwa pemberitahuan terkait standar protokol kesehatan tersebut, sudah disampaikan melalui surat undangan yang ditandatangani oleh Kepala Disdikbud Jombang tanggal 8 Juni 2020 terkait Rilis Aplikasi E-RKAS BOS Versi 2.04 yang ditindaklanjuti dengan Bimtek ini.

Selain itu Jumadi juga mengatakan bahwa Pencairan Dana Bantuan Operasional Sekolah (Dana BOS) bisa berjalan lancar jika Aplikasi E-RKAS dikerjakan sesuai aturan yang ada.

“Jaga kekompakan antara Bendahara Sekolah dan Juru Buku serta koordinasi terus dengan Kepala Sekolah,” ujarnya.

Pelaksana Subbag PP dan E, Weni Siswin Agustin (kanan) saat memberikan materi Bimtek Bimtek E-RKAS Tahap 2

Adapun Pelaksana Subbag PP dan E, Weni Siswin Agustin hadir sebagai pemateri Bimtek menyampaikan bahwa yang akan dikupas dalam Bimtek kali ini adalah tentang Entry Buku Kas Umum (BKU) Online yang meliputi Entry Dana Transfer, Entry Tarik Tunai, Entry SPJ serta Cetak BKU.

Ia berharap para peserta tetap semangat dalam mengikuti Bimtek, meskipun dengan kondisi yang berbeda dari Bimtek sebelumnya yakni dengan penerapan standar protokol kesehatan Covid-19.

“Kita semuanya pasti gerah karena memakai perlengkapan seperti ini, tapi ini demi keamanan dan kenyamanan kita bersama, ya harus kita lakukan. Memang dengan kondisi yang baru seperti sekarang ini, kita perlu adabtasi dan pembiasaan,” pungkasnya. (w/nr)