Disnaker Jombang Buka Layanan Konsultasi Seputar Kartu Pra Kerja

Suarapendidikan.com, Jombang – Di tengah pandemi Covid-19, pemerintah mulai membuka pendaftaran program Kartu Prakerja. Program yang semula ditujukan sebagai bantuan biaya pelatihan untuk angkatan kerja itu kini juga diperuntukkan bagi masyarakat yang terdampak wabah corona. Sasaran penerima Kartu Prakerja yang semula adalah warga negara Indonesia (WNI) berusia 18 tahun ke atas yang tidak sedang mengenyam pendidikan formal, kini menyasar ke para pekerja maupun pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak kehidupannya karena pandemi.

“Bantuan ini ditujukan sebagai sebuah instrumen jaringan pengaman sosial untuk membantu meringankan daya beli, meringankan beban hidup dan membantu daya beli masyarakat yang terdampak oleh Covid-19,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Jombang, Purwanto di Suara Pendidikan TV Jombang, Selasa (14/4).

Insentif Rp 3,5 juta Anggota Kartu Prakerja bakal menerima insentif yang jumlahnya mencapai Rp 3.550.000. Purwanto menyebut, insentif itu terdiri dari tiga elemen. Pertama, insentif sebesar Rp 1 juta yang merupakan bantuan biaya pelatihan kompetensi dan keterampilan pekerja. Nantinya, anggota Kartu Prakerja diminta untuk mengikuti pelatihan online yang disediakan oleh digital platform mitra resmi pemerintah. Biaya pelatihan itu akan dibiayai oleh pemerintah, masing-masing Rp 1 juta untuk setiap anggota.

Sekertaris DPC HILCI (Himpunan Latihan Seluruh Indonesia) Jombang Mahmudin mengatakan bahwa pada program ini semua lembaga pelatihan harus bisa menyesuaikan model pelatihannya dan bentuk paketnya.

“Apapun silakan pilih sendiri, kalau paketnya masing-masing Rp 200.000 berati rekan-rekan bisa mengambil sampai lima modul pelatihan,” ucap Mahmudin.

Purwanto mengatakan, insentif pelatihan tidak dapat dicairkan untuk keperluan lainnya. Oleh karenanya, jika tak habis digunakan, insentif ini akan hangus dengan sendirinya. Insentif kedua ialah bantuan yang diberikan pasca-pelatihan. Setiap anggota akan diberikan Rp 600.000 selama empat bulan berturut-turut, sehingga totalnya mencapai Rp 2.400.000.

Terakhir, insentif sebesar Rp 150.000. Bantuan ini akan diberikan setelah anggota menyelesaikan pelatihan dan mengisi survei evaluasi program Kartu Prakerja. Purwanto mengatakan, insentif ini diberikan bukan secara tunai, melainkan transfer rekening. Para anggota tidak hanya bisa memanfaatkan rekening bank, tetapi juga rekening e-wallet seperti LinkAja, Ovo, hingga Go-Pay.

Masyarakat yang hendak mendaftar program Kartu Prakerja diminta untuk mengedepankan sikap toleransi. Mereka diminta untuk mendahulukan orang-orang yang sangat membutuhkan program ini, yaitu yang paling terdampak penghasilannya akibat pandemi Covid-19.

“Saya mengimbau dalam masa yang sangat unusual, extraordinary ini, mari kita semuanya mengedepankan toleransi dan empati kepada saudara-saudara kita yang terdampak paling dalam. Dahulukan mereka,” kata Purwanto.

untuk Daftar Kartu Purwanto mengatakan, meski berkomitmen untuk membantu ekonomi masyarakat di tengah wabah corona, anggaran pemerintah untuk program kartu prakerja terbatas. Oleh karenanya, bantuan ini tidak bisa diberikan kepada seluruh masyarakat.

“Ketika kita lihat ada yang lebih susah daripada kita, mari kita berikan atau dahulukan kesempatan untuk mengambil kartu prakerja ini bagi mereka,” ujar Purwanto.

Alur pendaftaran Untuk mendaftar sebagai anggota Kartu Prakerja, ada sejumlah tahapan yang harus ditempuh.

“Tahapan pertama adalah rekan-rekan semua pergi ke webiste dan mendaftar, masukan data diri, kami lakukan verifikasi,” kata Purwanto.

Tahap kedua, pendaftar akan diminta mengikuti tes singkat berupa kemampuan dasar dan motivasi diri. Selanjutnya, akan diumumkan apakah yang bersangkutan lolos sebagai anggota Kartu Prakerja atau tidak.

Mereka yang lolos dapat langsung memilih pelatihan keterampilan yang disediakan digital platfrom dari mitra resmi pemerintah. Hingga saat ini, ada 900 jenis pelatihan yang tersedia di 8 digital platform. Anggota Kartu Prakerja bebas memilih pelatihan yang ia mau. Anggota Kartu Prakerja kemudian akan mengikuti pelatihan secara online.

Mekanisme ini menyesuaikan kondisi wabah Covid-19 yang mengharuskan diberlakukannya kebijakan physical distancing.

Mendaftar di situs resmi Masyarakat yang hendak mendaftar program Kartu Prakerja diminta untuk melakukan pendaftaran sesuai prosedur. Purwanto mengingatkan, pendaftaran hanya dilakukan melalui situs resmi www.prakerja.go.id.

“Pendaftaran kartu prakerja semuanya dilakukan lewat situs resmi prakerja di www.prakerja.go.id,” kata Purwanto.

“Saya mengimbau kepada teman-teman semua, ibu dan bapak, saudara-saudara, untuk tidak menggunakan saluran-saluran lain untuk mendaftar program kartu prakerja,” ucap dia.

Purwanto mengatakan, pendaftaran program Kartu Prakerja akan dibuka 24 jam secara online, Disnaker Jombang membuka layanan untuk mendampingi para calon pendaftar di pendopo Disnaker Jombang setiap hari kerja. Serta membuka layanan konsultasi secara online melalui call center 081231144143.

Pendaftaran ini dibuka per gelombang, jika gelombang pertama sudah terpenuhi kuotanya Kemudian, akan dibuka kembali pendaftaran untuk gelombang selanjutnya. (SM/NR)