Dispensasi Perpanjangan SIM Di Jombang Berlaku Untuk Semua

Ilustrasi

Suarapendidika.com, Jombang – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Jombang memberikan dispensasi perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) di tengah situasi covid-19. Hal tersebut diperuntukkan bagi SIM yang habis masa berlakunya mulai tanggal 17 Maret 2020.

Kanit Regident Satlantas Polres Jombang, IPDA Riza Aribowo saat dialog interaktif di Radio Suara Pendidikan pada Senin siang (13/4) menyampaikan bahwa dispensasi tersebut sampai batas waktu yang belum ditentukan.

“Dispensasi ini untuk perpanjangan saja, bukan untuk permohonan SIM baru. Dan bagi SIM yang habis masa berlakunya sebelum tanggal 17 Maret 2020 maka harus mengikuti mekanisme pengajuan SIM baru,” ujar Riza.

Ia menjelaskan bahwa dispensasi ini berlaku untuk semua jenis SIM. Masyarakat bisa langsung datang ke kantor pelayanan yang berada di Jalan Brigjen Kretarto No.10 Weru, Mojongapit Kecamatan Jombang yang telah dibuka sejak tanggal 8 April 2020 lalu, atau memanfaatkan Layanan SIM Online.

Pada Layanan SIM Online tersebut hanya untuk registrasi atau input data saja, selebihnya pemohon harus datang ke kantor pelayanan dengan menunjukkan bukti registrasi online kepada petugas.

“Karena saat ini kita dalam rangka pencegahan penyebaran virus Covid-19, maka syarat utama bagi masyarakat yang akan melakukan perpanjangan SIM di kantor pelayanan yaitu harus mengenakan masker,” tegasnya.

Sedangkan syarat adminstrasi selanjutnya yang harus disiapkan adalah SIM (Lama) dan KTP asli, serta surat keterangan sehat yang dikeluarkan secara resmi dari Lembaga Kesehatan.

Riza menghimbau kepada masyarakat agar tidak terburu-buru dalam pengajuan perpanjangan SIM ini. Menurutnya dengan situasi seperti sekarang ini lebih baik tetap di rumah saja guna meminimalisir penyebaran virus Covid-19.

“Jangan terburu-buru untuk perpanjang SIM. Untuk saat ini kalau hanya masa berlaku SIM-nya yang habis, kita masih berikan toleransi,” kata Riza. (W/NR)