Forum Komunikasi PKBM Jombang Gelar Pelatihan Dapodik Online

Peserta Pelatihan Dapodik Online FK PKBM Jombang

Suarapendidikan.com, Jombang – Forum Komunikasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (FK PKBM) Kabupaten Jombang merupakan mitra Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang di Bidang Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non Formal (PNF). FK PKBM Jombang pada hari Senin pagi (27/7) menggelar Pelatihan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) versi 2021 secara online.

Winarno, Operator Bidang Teknis PAUD dan PNF Disdikbud Jombang dalam menyampaikan materi pelatihan mengatakan memang aplikasi Dapodik versi 2021 ini lebih banyak data yang harus diisi dibanding versi sebelumnya. Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021 ini kita targetkan rampung pada pertengahan Agustus 2020. Jika dibutuhkan kita adakan pelatihan online tahap 2.

Akhmad Zainuddin, Sekretaris FK PKBM Jombang saat menyampaikan materi Dapodik

Akhmad Zainuddin, Sekretaris FK PKBM Jombang mengatakan kegiatan ini merupakan swadana dari teman-teman PKBM, agar pengerjaan Dapodik bisa berjalan lancar. Mengingat aplikasi Dapodik yang baru ini berbeda dari sebelumnya, yakni harus menginstal aplikasinya dulu dan dikerjakan secara offline, selanjutnya disingkronkan secara online.

“Kita ikuti aturan dalam aplikasi Dapodik yang terbaru, dengan harapan data yang sudah tervalidasi tersebut sebanding dengan Biaya Operasional Penyelenggaraan (BOP) PKBM yang kita dapat“, ungkap Gok Din sapaan akrabnya.

Sebanyak 29 lembaga mengikuti pelatihan ini yang terdiri dari 27 PKBM dan 2 Sanggar Kegiatan Belajar (SKB). Semoga 29 lembaga itu bisa menjadikan Kabupaten Jombang lebih berkarakter dalam dunia pendidikan, khususnya pendidikan kesetaraan mulai dari Paket A setara SD, Paket B setara SMP dan Paket C setara SMA. A’am – DIKBUD