Forum Perangkat Daerah Jombang Rumuskan Program Pendidikan Tahun 2021

Suarapendidikan.com, Jombang –  Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang Agus Purnomo membuka secara resmi forum rencana Kerja perangkat daerah dalam rangka penyusunan rencana kerja Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang tahun 2021. Forum rapat tersebut dilaksanakan di Aula dua Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang Kamis (27/2/2020) pagi.

Dalam forum yang dihadiri 33 peserta forum dari beberapa perangkat OPD seperti BAPPEDA, Dinas Lingkungan Hidup, Inspektorat serta organisasi kemasyarakatan seperti Dewan Kesenian Jombang, Dewan Pendidikan, PGRI dan budayawan tersebut, Agus Purnomo juga memaparkan program kerja tahun 2021 yang rencananya akan diusulkan pada tahun depan.

Ia menuturkan dalam laporannya bahwa forum rapat kerja tersebut merupakan bagian dari peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Jombang. Pelaksanaan rapat tersebut bertujuan untuk menyatukan pandangan tentang pembangunan pendidikan, melakukan sinergitas antar komponen pendidikan serta memperoleh masukan yang komprehensif tentang permasalahan pendidikan dan prioritas program kebijakan pendidikan di Kabupaten Jombang.

Ia menambahkan untuk membangun pendidikan yang berkualitas memerlukan sinergitas dari pihak-pihak terkait mulai dari guru, kepala sekolah, pengawas dan tenaga kependidikan serta berbagai elemen masyarakat. Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan maka diperlukan peningkatan kualitas secara aktif dengan usaha mandiri guru melalui akses internet, pembelian buku-buku pendukung dan juga melalui musyawarah guru mata pelajaran.

“Peningkatan kualitas secara pasif dapat melalui pelatihan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah dan pusat. Pengembangan kurikulum yang dilaksanakan melalui workshop, seminar dan loka karya dapat menambah khasanah pengetahuan guru tentang materi yang diajarkannya. Membangun pendidikan yang berkualitas juga memerlukan manajemen yang baik terkait bagaimana kepala sekolah merencanakan, melaksanakan serta mengevaluasi setiap program yang dilaksanakan.”ujarnya

Dalam forum tersebut juga digelar sesi tanya jawab antara kepala dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Jombang dan para peserta untuk menyerap aspirasi terkait perbaikan dalam program kerja yang akan diusulkan untuk tahun 2021 mendatang.(AF/NR)