Gubernur Jawa Timur Buka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Peserta Didik Baru SMA/SMK Provinsi Jawa Timur TA 2020/2021 Secara Virtual

Suarapendidikan.com, Jombang – Sesuai Kalender Pendidikan baha pada Hari ini 13 Juli 2020 Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) semua Jenjang dimulai TK, SD, SMP, SMA dan SMK Di Jawa Timur.

Melalui Siaran Langsung di Halaman Facebook Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Youtube dan Instagram Resmi Dindik Jatim MPLS dibuka langsung oleh Gubernur Provinsi Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dari Gedung Negara Grahadi Surabaya.

“kita semua saat ini masih dalam masa darurat melawan penyebaran Covid-19. Kegiatan belajar mengajar di tahun pelajaran 2020/2021 saat ini masih dilakukan dengan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ/Daring). Dan untuk peserta didik baru jenjang SMA/SMK/PK-PLK Negeri Swasta se-Jawa Timur, pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tentu beda dari tahun-tahun sebelumnya. Karena tahun ini pun MPLS dilaksanakan secara daring (online)” terang Khofifah dalam sambutannya.

Webinar Pembukaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) pelajar kelas X jenjang SMA/SMK/PK-PLK Negeri-Swasta se-Jawa timur oleh Gubernur Jawa Timur Ibu Khofifah Indar Parawansa dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Bapak Dr. Ir. Wahid Wahyudi, MT hari Senin tanggal 13 Juli 2020 Sejak tadi mulai pukul 08.00 WIB sampai selesai.

Dalam sambutannya Khofifah Mengajak anak-anak siswa SMA dan SMK untuk bisa mengikuti perkembangan hari ini dan mempelajari beberapa perubahan yang signifikan terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga kita mampu menangkap peluang dalam persaingan global.

“Seperti halnya digitalisasi mata uang perkembangan mulai dari sistem dulu hingga saat ini, sehingga dengan proses digitalisasi saat ini kita bisa merubah kebiasaan lama menjadi lebih efisien,”tambah Khofifah.

Diakhir Acara dilakukan sesi tanya jawab terbuka untuk peserta SMA/SMK Negeri dan swasta dari 38 Kabupaten Kota di Jawa Timur.

Diawali oleh SMKN 3 Madiun yang bertanya soal pemanfaatan laboratorium sekolah berkaitan dengan SMK ini merupakan jurusan yang banyak praktinya yaitu kimia dan fisika, lanjut dari SMAN 2 Jombang yang memberi semangat Bu Gubernur dalam melaksanakan tugasnya dengan sajian yel-yel semangat.

Begitu juga dari SMA Yosonegoro Magetanyang menyambut baik kegiatan MPLS Virtual ini dan berharap pandemi ini cepat berlalu. SMA ISLAM Kepanjen Kab. Malang Mengusulkan bahwa untuk tahun ajaran baru ini siswa bisa Mengikuti KBM Luring secara terbatas satu minggu sekali Selama dua jam.

Khofifah menampung segala usulan dan pertanyaan yang masuk untuk dijadikan bahan diskusi bahasan dalam penentuan kebijakan pendidikan di Provinsi Jawa Timur agar KBM baik daring dan luring bisa berjalan lancar sesuai harapan. (NR)