Guna Tingkatkan Kompetensi Guru PAUD , Disdikbud Jombang Gelar Diksar Tahun 2020

Suarapendidikan.com, Jombang – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jombang melalui  Bidang Pembinaan Ketenagaan menggelar Pelatihan Dasar (Diksar) Guru PAUD se Kabupaten Jombang. Diksar tersebut diselenggarakan mulai dari tanggal 9-15 Maret 2020 di aula 1 Disdikbud Jombang dengan dihadiri sebanyak 70 peserta yang terdiri dari Guru TK dan KB (Kelompok Bermain).

Kepala Disdikbud Jombang, Agus Purnomo beserta Ibu Ketua DWP Disdikbud Jombang, Lilik Purnomo hadir di hari pertama pembukaan Diksar tersebut yakni pada Senin pagi (9/3). Tidak hanya itu, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan, Didik Pambudi Utomo,  

Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Siti Arlikah dan Kepala Seksi PTK, PAUD dan Tenaga Kebudayaan, Sumadi, Ketua IGTKI Jombang, Sri Daruretno, Ketua HIMPAUDI Jombang Tita Aniqowardhani dan beserta para undangan lainnya.

Acara dimulai dengan pelaporan materi program pendidikan dan pelatihan oleh Didik Pambudi Utomo. Ia menjelaskan bahwa materi dan struktur program pendidikan guru pendamping muda (diklat berjenjang tingkat dasar) untuk guru PAUD lingkup Disdikbud Jombang disusun berdasarkan dimensi kompetensi yang dipersyaratkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Setelah selesai pelaporan kegiatan, acara dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembukaan acara oleh Kadisdikbud Jombang, Agus Purnomo. Dalam sambutannya, ia menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap peserta Diksar. Menurutnya menjadi Guru PAUD bukan hal yang mudah, perlu ketelatenan, keuletan dan kesabaran lebih dalam mendidik anak-anak.

Agus juga mengatakan bahwa tujuan dari Diksar guru Paud tersebut adalah untuk meningkatkan kompetensi guru PAUD dan memberikan bekal kepada mereka agar mempersiapkan diri dalam menghadapi setiap perubahan.

“Sebagai Guru PAUD hendaknya bisa menyesuaikan diri dengan tuntutan perubahan dalam rangka mencapai standart Nasional Pendidikan,” ujarnya.

Ia berpesan kepada para peserta Diksar PAUD tersebut, agar mengikuti kegiatan ini dengan semaksimal mungkin. Sehingga diharapkan para guru PAUD bisa mencetak anak-anak yang terampil dan mempunyai karakter berbudi luhur.

Hadir sebagai narasumber dalam Diksar Guru PAUD se Kabupaten Jombang ini, yaitu Lilises Anggraeni (Konsep Dasar PAUD), Sudarsono (Perkembangan AUD), Supirman Kusworo (Pengenalan Anak dengan Kebutuhan Khusus), Ratih Nia Pangestutik (Cara Belajar AUD), Binarti Kartingsih (Perencanaan Pembelajaran), Sri Wahyuningsih (Kesehatan dan Gizi AUD), Slamet (Komunikasi dan Pengasuhan), Tita Aniqowardhani (Etika dan Karakter GTK PAUD) dan Farida (Praktek Pembelajaran dengan Sejawat). (WG/NR)