Hadiri Lepas Sambut Kepala SMPN 1 Ploso, Kepala Disdikbud Agus Purnomo Ingatkan Hal Ini

Suarapendidikan.com, Jombang – Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ploso menggelar acara lepas sambut Kepala Sekolah SMPN 1 Ploso dari Rudiyoso Adi Nugroho ke Bambang Widjonarko. Bambang menggantikan Rudiyoso yang menjadi Kepala SMPN 4 Jombang. Acara lepas sambut digelar di Aula SMPN 1 Ploso Jombang, Sabtu (15/2) pagi. Tampak hadir Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang Agus Purnomo, Muspika, Korwilker Kecamatan Ploso, Pengawas SMP Djulaeni, Komite sekolah dan Kepala Desa Losari.

Diantar keluarga Besar SMPN 5 Jombang, Bambang disambut oleh para guru dan siswa dengan meriah. Barisan Paskibra dan pramuka SMPN 1 Ploso menyambut kedatangannya dilanjutkan dengan pemberian bunga yang juga diberikan kepada kepala sekolah lama Rudiyoso. Didalam Aula SMPN 1 Ploso, grup musik akustik dari siswa SMPN 1 Ploso pun menyambut dengan penampilan yang menghibur.

Dalam sambutannya, Rudiyoso menyampaikan terima kasih dan permintaan maafnya selama menjabat Kepala Sekolah SMPN 1 Ploso. Ia pun menyampaikan masih ada program sekolah yang belum terlaksana, hal ini ia katakan akan menjadi PR bagi kepala sekolah yang baru untuk dilanjutkan.

“Ada 3 program yang dalam kepemimpinan kami belum sempat terlaksana, yang pertama yaitu pemindahan lapangan olahraga basket di halaman depan yang rencananya akan dipindah ke halaman belakang sekolah, kedua meninggikan ruang kelas agar aman dari banjir, agar siswa tidak terganggu proses pembelajarannya, nah yang ketiga merehab ruang TU karena kami rasa sudah perlu untuk mendapatkan perawatan dan rehabilitasi, demi kenyamanan proses administrasi di SMPN 1 Ploso,” kata Rudiyoso

Ia menambahkan SMPN 1 Ploso yaang termasuk dalam 4 SMPN terbesar di Jombang ini sudah melaksanakan ujian harian berbasis komputer, sementara untuk Ujian Sekolah bagi siswa kelas IX di tahun 2020, SMPN 1 Ploso juga akan melaksanakan ujian dengan berbasis komputer.

Sementara itu Kepala Sekolah baru Bambang pun menyatakan bersedia dan sanggup untuk melanjutkan perencanaan yang telah dikemukakan oleh Rudiyoso. Ia menilai sarana prasarana sekolah tidak bisa ditinggalkan dan perlu menjadi perhatian pihak sekolah yang memiliki 953 siswa ini.

“Tentunya kami meminta dukungan dari semua pihak untuk mewujudkan hal ini, baik itu dari komite, seluruh warga sekolah dan juga Kepala Desa, demi meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak kita semua” ujarnya

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jombang Agus Purnomo dalam sambutan pengarahannya menyampaikan agar semua pihak memahami segala peraturan hukum terkait pendidikan

“Semua harus paham, dari yang terkecil seperti Surat Edaran itu bagaimana tindak lanjutnya, agar proses pembelajaran berjalan lancar dan sinkron, baik antar sekolah, pengawas maupun dengan pemerintah daerah.” Paparnya

Selain itu ia berharap kepada kedua kepala sekolah yang berpindah tugas untuk menjalankan amanah secara efektif dan efisien sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Tasmilah, salah satu guru SMPN 1 Ploso mengungkapkan harapannya untuk kepala sekolah yang baru agar bisa membawa SMPN 1 Ploso menjadi lebih maju.

Acara lepas sambut ini diisi dengan penandatanganan berita acara dan penyerahan cendera mata kepada Rudiyoso yang telah melaksanakan tugasnya sebagai kepala sekolah SMPN 1 Ploso yang disaksikan oleh Kepala Diskdibud Jombang dan Komite Sekolah. Selain itu juga penampilan siswa dari ekstrakurikuler musik etnik dan tari. (WO/NR)