Hari Ini POPKAB Jombang 2020 Digelar, 21 Kecamatan Siap Rebut Piala Bupati Jombang

Suarapendidikan.com, Jombang – Pekan Olahraga Pelajar Kabupaten (Popkab) 2020 mulai digelar hari ini. Upacara pembukaan dilangsungkan pukul 08.00 di Lapangan SMAN 3 Jombang Senin (10/2) pagi. Sekretaris Daerah Jombang Ach. Jazulie  membuka pesta olahraga pelajar tersebut yang juga dihadiri perwakilan MKKS, KONI, dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang.

Ratusan atlet pelajar dari  SMP Negeri dan swasta akan berlaga pada kejuaraan multicabang olahraga tersebut. Meliputi 21 kecamatan dengan total 3 cabang olahraga (cabor). Popkab 2020 yang mengusung tema “Melalui Pekan Olaharaga Pelajar Kita Tingkatkan Karakter dan Prestasi” ini merupakan popkab kedua yang digelar oleh MGMP PJOK SMP Kabupaten Jombang.

Cabang olahraga yang dipertandingkan pada perhelatan ini adalah sepak bola, bola basket, dan bola voly. Ketua panitia Nur  Rahman mengatakan cabang olahraga yang dipertandingkan ini tidak diprogramkan dikirim ke gelaran POPDA di tingkat Provinsi Jawa Timur.

“Sudah ada 7 cabor yang dikirim dari Jombang untuk mengikuti POPDA Jatim yaitu tenis meja, pencak silat, karate, atletik, sepak takraw, panahan dan renang. Untuk sepakbola ini kami programkan untuk mengikuti Gala Siswa Indonesia,”  jelasnya

Ia menambahkan untuk ketujuh cabor tersebut sudah dilakukan seleksi, dan peserta disyaratkan harus merupakan kelahiran tahun 2005 keatas.

Pertandingan yang digelar mulai tanggal 10 sampai dengan 15 Agustus 2020 ini disebar di beberapa lokasi. Sepak bola dilaksanakan di Lapangan SMAN 3 Jombang dan Lapangan Desa Plandi, Bola Voly digelar di SMPN 4 Jombang, dan bola basket dilaksanakan di Lapangan Basket SMK Dwija Bakti 2 Jombang.

“Dalam satu hari kami selenggarakan 2 sesi pertandingan yakni pagi dan sore, untuk bola basket kami undur pelaksanaannya tanggal 16 – 23 Februari 2020 karena ada event kompetisi basket di SMAN 2 Jombang,” katanya.

Sementara untuk wasit yang memimpin pertandingan dalam kompetisi ini, Nur Rahman menyebut pihaknya bekerja sama dengan organisasi asosiasi olahraga yang ada di Kabupaten Jombang.

“Untuk sepak bola wasitnya kami bekerjasama dengan PSID dan Askab Jombang untuk mendelegasikan wasit, untuk basket juga kami bekerjasama dengan Perbasi dibantu oleh teman – teman guru yang sudah memiliki lisensi wasit, begitu juga dengan bola voly,” paparnya

Nur Rahman berharap dengan diadakannya Popkab ini potensi pelajar di bidang olahraga dapat dimunculkan sehingga dapat diapresiasi dan diberikan pembinaan untuk mengikuti kompetisi di tingkat Provinsi maupun Nasional.

“Seperti yang kami tuangkan dalam tema kompetisi Popkab Jombang ini, kami ingin meningkatkan prestasi siswa di bidang olahraga dan juga tidak kalah penting adalah karakter siswa. Karena karakter juga dapat dibentuk lewat sarana olahraga, seperti kejujuran, sportifitas, disiplin dan solidaritas itu dibentuk melalui olahraga,” harapnya

Dalam kompetisi beregu ini, akan diambil tiga pemenang pada masing – masing cabang olahraga dan sistem klasemen pertandingan menggunakan sistem gugur.

“Jadi nanti total ada 5 kelompok juara, karena basket dan bola voly juga ada regu putri sehingga nanti sepak bola, basket putra, basket putri, bola voly putra dan bola voly putri. Yang diperebutkan ini adlah Piala Bupati Jombang. Nanti sertifikat juara kan juga bisa digunakan sebagai dokumen pendukung dalam pendaftaran siswa ke SMA,” pungkasnya (A/NR)