139.000 Penduduk Kabupaten Jombang Telah Berpartisipasi Pada Sensus Penduduk Online 2020

Kepala Badan Pusat Statistik Jombang, Firda saat diolog terkait Sensus Penduduk Online 2020

Suarapendidikan.com, Jombang – Periode pengisian Sensus Penduduk Online (SPO) tahun 2020 akan berakhir hari ini (29/5) pukul 00.00 WIB.

SPO tersebut dimulai sejak pertengahan bulan Februari hingga Maret 2020. Namun dikarenakan adanya pandemi Covid-19, hingga akhirnya waktu pengisian di perpanjang lagi pada periode kedua.

Hingga kemarin (28/5),  tercatat 9,9% dari jumlah total sekitar 1.200.000 -san  atau sekitar 139.000 penduduk Kabupaten Jombang telah berpartisipasi dalam SPO ini. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jombang, Firda.

Ia juga menyampaikan bahwa dengan adanya perpanjangan waktu pengisian SPO 2020 ini jumlah partisipan di Kabupaten Jombang meningkat dibanding pada periode pertama.

“Periode kedua ini terjadi peningkatan secara signifikan untuk masyarakat Jombang yang ikut Sensus Penduduk Online. Bisa dikatakan jumlah penduduk Jombang ini besar,karena diatas satu juta namun dari 38 kabupaten/kota, Jombang di posisi ke 27,” kata Firda dikantornya (28/5).

Menurutnya hal tersebut dipengaruhi oleh bebarapa faktor. Diantaranya terkendala sinyal internet ataupun juga kesadaran masyarakat terhadap SPO ini. Terbukti yang berpartisipasi kurang dari separo dari jumlah penduduk di Kabupaten Jombang.

Terkait hal tersebut Firda juga mengatakan pada bulan September mendatang akan dilaksanakan  Sensus Penduduk Manual dengan sistem Drop Out Pick Up (DOPU). Hal tersebut guna menuntaskan masyarakat yang belum mengikuti Sensus Penduduk Online.

Langkah pelaksanaan dari sistem Drop Out Pick Up (DOPU) yakni petugas menggunakan kuesioner kertas dalam melakukan wawancara kepada responden dengan menggunakan moda Pencil and Paper Interviewing (PAPI).

“Jadi nanti petugas akan memberikan kuesioner kertas kepada masyarakat agar diisi. Lalu akan kita ambil lagi dengan tenggang waktu yang sudah ditentukan. Dan pada pelaksanaannya nanti kita juga akan terapkan standar protokol kesehatan masyarakat Covid-19,” jelasnya.

Ia mengajak masyarakat Kabupaten Jombang khususnya, agar segera ikut menuntaskan Sensus Penduduk Online 2020. Sebab, menurutnya pengisian data pada SPO lebih mudah dan simple daripada Sensus Penduduk Manual.

“Ayo masyarakat Jombang yang belum mengisi data pada SPO, mumpung masih ada waktu untuk online mari kita selesaikan sampai tuntas. Caranya mudah kok, anda tinggal kunjungi website www.sensus.bps.go.id dan nanti tinggal ikuti panduannya saja,” pungkasnya. (w/nr)