Periode Pendataan PPDB SMP Kabupaten Jombang 2020/2021, Ditutup Hari Ini Pukul 23.59 WIB

Suarapendidikan.com, Jombang – Periode pendataan pada pendaftaran PPDB SMP Negeri Kabupaten Jombang Tahun Ajaran 2020/2021 memasuki babak akhir pada hari ini (23/6) pukul 23.59 WIB. Hal tersebut di ungkapkan oleh Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter SMP Disdikbud Jombang, Rhendra Kusuma.

“Hari ini pukul 23.59 WIB adalah batas akhir dari periode pendataan PPDB SMP 2020/2021. Selanjutnya akan masuk ke tahap selanjutnya yaitu periode seleksi yang dimulai dari tanggal 24-27 Juni 2020,” ungkapnya.

Ia menjelaskan bahwa dokumen yang perlu diunggah saat periode pendataan ini adalah dokumen utama dan dokumen pendukung. Dokumen utama meliputi Kartu Keluarga (KK) atau surat keterangan domisili, Akta Kelahiran, Surat Keterangan Tanggungjawab Mutlak dan Surat Keterangan Lulus (SKL).

Sedangkan dokumen pendukung yang meliputi keikutsertaan peserta didik dalam program penanganan keluarga tidak mampu dari Pemerintah Pusat atau Daerah, seperti Kartu Kelurga Sejahtera (KKS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Perlindungan Sosial (KPS), Kartu Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Jombang Sehat, Kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas), Kartu Jaminan Kesehatan Daerah dan Surat Keputusan Penerima PIP dari Kemendikbud/Kemenag. Serta piagam prestasi atau juara sekolah terbaik tingkat 1-5 dan dokumen surat pindah tugas orangtua/wali dari tempat kerja lama ke yang baru.

Ia juga menegaskan bahwa sebelum masuk ke tahap berikutnya yakni periode seleksi, bagi para pendaftar pada periode pendataan harus memastikan bahwa dokumen-dokumen yang diunggahnya tidak ada yang tertinggal. Sebab pada periode seleksi nanti, tidak ada pengunggahan dokumen susulan.

“Misalnya punya piagam prestasi tapi lupa belum diunggah pada periode pendataan, kebetulan kita sudah masuk tahap seleksi maka otomatis sistem akan menolak. Jadi mumpung masih ada waktu cek lagi dokumen-dokumennya jangan sampai ada yang tertinggal,” kata Rhendra.

Sesuai dengan juknis PPDB SMP 2020/2021 Kabupaten Jombang untuk mengikuti periode seleksi seluruh dokumen yang diperlukan saat pendaftaran diunggah pada saat periode pendataan dan dinyatakan terverifikasi valid. (w/nr)