Hari Kedua UNBK Di Jombang, Peserta Harus Patuhi Protokol Kesehatan

Suarapendidikan.com, Jombang – Siswa SMA/SMK di Jombang tetap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Pantauan Radio Suara Pendidikan di SMKN 1 Jombang, Selasa (17) para siswa tetap melakukan ujian yang memasuki hari kedua.

Kepala SMKN 1 Jombang M Yasin mengatakan hal itu sudah sesuai dengan instruksi Gubernur dan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. “Instruksi dari Dinas, jenjang pendidikan menengah SMA/SMK untuk tetap melaksanakan UNBK,” katanya.

Ia juga menegaskan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk siswa SMK di Jombang dipastikan tetap berlangsung sesuai jadwal. Sedangkan untuk para siswa kelas 10 dan 11 dilakukan pembelajaran di rumah sebagaimana instruksi Gubernur dan Bupati Jombang.

“Hari ini mata pelajaran matematika, diikuti sebanyak 600 peserta dalam dua sesi. 583 peserta dari SMKN 1 Jombang dan 17 peserta dari SMK Hasyim Asy’ari Tebuireng,”ujarnya

Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud RI, pelaksanaan UNBK agar tetap memperhatikan protokol kesehatan. Hal ini untuk mengantisipasi wabah virus corona atau COVID-19.

Begitu juga pelaksanaan UNBK SMK, Yasin mengungkapkan tetap sesuai jadwal dan tidak diundur. Namun, harus melaksanakan protokol di bidang pendidikan dengan baik dan ketat.

“Memang ada beberapa standar yang harus dilakukan demi menghindari penyebaran virus covid19 ditengah pelaksanaan UNBK ini, Alhamdulillah sampai hari ini berjalan dengan lancar” lanjutnya

Terkait pelaksanaan UNBK, ada 8 protokol yang harus dilakukan. Yakni, menghindari kontak fisik langsung sebelum, selama dan sesudah ujian, mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer, tidak memaksakan hadir di sekolah bagi yang memiliki keluhan sakit dengan gejala demam/batuk/pilek/sakit tenggorokan/sesak nafas, memastikan ketersediaan alat pembersih sekali pakai di depan ruang ujian, membersihkan ruang ujian sebelum dan sesudah digunakan untuk setiap sesi UN, menghindari penggunaan alat tulis yang dipakai bersama dalam pengisian daftar hadir UN, tidak saling meminjam alat tulis atau peralatan lainnya. Serta jika ditemukan warga sekolah yang mengalami gejala infeksi COVID-19 agar kepala sekolah segera meminta yang bersangkutan untuk memeriksakan diri ke faskes terdekat.

Sementara itu, UNBK SMA sesuai jadwal akan dilaksanakan mulai Senin (30/3) sampai Kamis (2/4). Untuk Program Paket C, UNBK dilaksanakan mulai Sabtu (4/4) sampai Selasa (7/4). (AN/NR)