Ingat, Besok Terakhir Sensus Penduduk Online 2020

Suarapendidikan.com, Jombang – Badan Pusat Statistik menggelar sensus penduduk online sejak 15 Februari lalu. Melalui cara ini, penghitungan jumlah penduduk sangat terbantu dengan partisipasi masyarakat dalam memasukkan data secara mandiri di situs BPS. Periode ini segera berakhir, yakni pada 29 Mei 2020.

Menurut otoritas BPS, setiap hari pengakses sensus online terus meningkat. Namun sejak masa pandemi virus corona dengan work from home (WFH), penambahannya relatif tak terlalu tinggi, termasuk yang di daerah

“Masyarakat yang memanfaatkan SP Online mengalami perlambatan kata,” kata Kepala BPS Kabupaten Jombang, Rabu (27/5). “

Firda mengimbau masyarakat yang belum mengisi sensus penduduk online untuk segera melakukannya. “Saya mengajak untuk isi sensus online sampai 29 Mei 2020. Cukup di rumah saja,” kata Firda melalui pesan singkat.

Cara Mengisi Sensus Penduduk Online

Sensus Penduduk 2020 dilakukan melalui kerja sama BPS dan Kementerian Dalam Negeri. Untuk terdata dalam sensus penduduk secara online, masyarakat mesti mengunjungi website https://sensus.bps.go.id. Untuk memasukkan data diperkirakan butuh waktu sekitar 5 menit bagi tiap anggota keluarga.

Beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan dalam sensus penduduk online:

  1. Kartu Keluarga,
  2. Kartu Tanda Penduduk,
  3. Dokumen Pernikahan,
  4. Dokumen Perceraian,
  5. Surat Keterangan Kematian,
  6. Anggota keluarga tambahan jika memungkinkan.

Dalam mengisi form tersebut, masyarakat juga bisa untuk menyimpan data sementara dengan menekan tombol “Simpan sementara”

Bagi warga negara asing yang saat ini tinggal di Indonesia dan merupakan pemegang izin tinggal (ITAS/ITAP), BPS pun sempat berharap mereka ikut memasukkan datanya. Kode akses untuk login pada situs ini dapat diperoleh dengan mengirimkan email yang berisi nama, nomor paspor, nomor izin tinggal, dan lampiran pindaian atau foto dari paspor ke joinsp2020@bps.go.id. Sayangnya, masa input data telah usai Senin kemarin.

Alasan BPS Menggelar Sensus Penduduk Online

  1. Dapat dilakukan kapan saja secara mandiri selama periode pelaksanaan Sensus Penduduk Online.
  2. Literasi masyarakat terhadap penggunaan teknologi informasi yang semakin baik.
  3. Menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang arti penting data, dimulai dari informasi pribadinya.

Tahapan Sensus Penduduk 2020

Lalu, bagaimana bagai masyarakat yang belum sempat mengisi data secara online hingga 29 Mei nanti? BPS menjamin semua orang tetap akan tercatat dalam pelaksanaan Bulan Sensus Penduduk pada September 2020.

15 Februari – 29 Mei

Penduduk melaksanakan sensus secara mandiri melalui  https://sensus.bps.go.id.

20 September 2020
1). Pemeriksaan daftar penduduk. Dilakukan oleh petugas sensus bekerja sama dengan ketua atau pengurus satuan lingkungan setempat, seperti RT, Dusun, Banjar, Jorong, dan lainnya.

2). Verifikasi lapangan (ground check). Dilakukan oleh petugas sensus bekerja sama dengan ketua atau pengurus satuan lingkungan setempat, seperti RT, Dusun, Banjar, Jorong, dan lainnya.

3). Pencacahan mandiri oleh penduduk. Pencachan ini untuk yang belum melakukan sensus penduduk online.

Tahun 2021
Pengumpulan data dan informasi kependudukan dan perumahan untuk menghasilkan berbagai parameter demografi dan indikator sosial lainnya. (SM/NR)