Jadikan Timbangan sebagai Media Belajar Siswa

Suarapendidikan.com, Jombang – Memberikan pemahaman kepada siswa bukan hal yang mudah, sebagai seorang guru yang bertugas mendidik, membimbing, mengarahkan dan menilai siswa harus memiliki cara khusus sehingga siswa mudah memahami pelajaran. Salah satu cara yang dapat dilakukan dengan memberikan media pembelajaran. Siswa bukan hanya mendapatkan teori semata namun juga bisa mempraktikannya, seperti yang dilakukan oleh Hanim Muzaidatul Latifah.

Hanim yang mengajar siswa kelas dua di MI Bustanul Ulum Mojokuripan Jombang harus memutar otak untuk dapat memberikan pemahaman yang mudah kepada siswanya. Wanita 44 tahun tersebut, memanfaatkan media pembelajaran untuk memudahkan dalam proses belajar mengajar. Berbekal timbangan yang ada dirumahnya, Hanim mengajak seluruh siswa kelas dua untuk mengetahui berbagai jenis timbangan sesuai dengan tema pembelajaran.

Hanim mengenalkan berbagai jenis timbangan kepada siswanya, mulai dari timbangan badan, timbangan kodok, timbangan gantung dan timbangan bayi. Bukan hanya dikenalkan saja, namun Hanim juga memberikan kesempatan kepada siswanya untuk dapat mempraktekkannya.

Banyaknya timbangan yang akan dikenalkan, wanita kelahiran 7 April 1976 ini  memboyong sebanyak 13 siswa kerumahnya yang hanya berjarak 50 meter dari sekolah. Setiap siswa diberikan kesempatan yang sama untuk bisa mencoba semua timbangan. Hanim juga menyiapkan bahan sebagai objek yang bisa ditimbang seperti beras, gula dan telur.

Hanim selalu menggunakan media pembelajaran di setiap tema yang akan ia ajarkan. Ia menilai dengan adanya media pembelajaran dapat menarik perhatian siswa dalam belajar. Hanim juga berharap dengan metode pembelajaran yang ia terapkan bukan hanya dapat memberikan pemahaman saja namun dapat memberikan pengalaman yang berkesan pada semua siswanya. (HM/NR)