Jatim Maksimalkan Sensus Secara “Door To Door” Mulai Hari Ini.

Suarapendidikan.com, Jombang – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa secara resmi telah membuka Kick Off Sensus Penduduk 2020 (SP 2020) pada Senin (31/8/2020) secara virtual.

Dengan dibukanya Kick Off SP 2020 Jatim akan memaksimalkan sensus secara door to door atau tatap muka yang akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 1 September 2020.

“Yang telah melakukan sensus secara online baru 6 juta penduduk dari total 40,9 Juta penduduk Jawa Timur, jadi masih ada sekitar 34,12 juta yang belum. Sehingga pada sensus offline ini harus kita maksimalkan, sesuai tujuan SP 2020 yakni menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk menuju satu data kependudukan Indonesia,” ungkapnya.

Menurut Khofifah, pemutakhiran data tidak hanya akan merubah status keadministrasian, namun juga dapat memaksimalkan distribusi bansos yang telah disediakan pemerintah pusat, provinsi, maupun daerah agar tepat sasaran.

“SP 2020 merupakan momentum yang sangat tepat untuk kita semua dalam pemutakhiran data. Dari data yang valid dan terupdate itu dapat memaksimalkan distribusi bansos yang telah disediakan pemerintah pusat, provinsi, maupun daerah tepat sasaran,” tambahnya.

Hal tersebut ditindaklanjuti Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab dengan melepas petugas Sensus 2020 yang akan mendata secara door to door kerumah warga masyarakat di kabupaten Jombang (31/08/2020) Kemarin siang.

“Petugas sensus yang akan datang door to door kerumah penduduk telah melalui tes kesehatan dengan rapid tes, dan tetap harus mematuhi protokol kesehatan yaitu menggunakan masker, face shield, sarung tangan, membawa hand sanitizer, dan menggunakan rompi sensus penduduk 2020 serta membawa surat tugas”, Kata Munjidah Wahab.mengikuti agenda Kick Off Sensus Penduduk 2020 di Kabupaten Jombang secara virtual di ruang Jombang Command Center (JCC) Kantor Pemkab Jombang.

Secara Virtual Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa telah menandai dimulainya kegiatan pendataan Penduduk Kick Off Sensus 2020 dengan memakaikan rompi dan ID Card petugas sensus, yang juga diikuti oleh seluruh Bupati/Walikota Se Jawa Timur.

Bupati Jombang Hj. Munjidah Wahab didampingi Sekretaris Daerah, Kepala BPS Jombang, Kepala Bappeda Jombang, Kepala Dinas Kominfo, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jombang; Kabag Pemerintahan; Kabag Humas dan Protokol mengikuti agenda Kick Off Sensus Penduduk 2020 dari Gedung Grahadi bersama Gubernur Jawa Timur secara Virtual dan langsung menindaklanjuti gerakan tersebut dengan melakukan Video Conference dengan seluruh petugas sensus di 21 Kecamatan. (NR)