Jombang Karate Club (JKC) Gelar Kejuaraan se Jatim di GOR Merdeka Jombang

Suarapendidikan.com, Jombang –  JKC (Jombang Karate Club) menggelar Kejuaraan Karate Inkanas Antar Pelajar dan Mahasiswa se Jawa Timur yang ke 5 di GOR Merdeka Jombang mulai dari tanggal 22-23 Pebruari 2020. Kejuaraan tersebut diikuti oleh 36 kontingen dari 16 kabupaten/kota se Jawa Timur.

Sebelum melaksanakan pertandingan, para peserta mengikuti upacara pembukaan yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jombang, Ahmad Jazuli, pada Sabtu Pagi (22/2).

Dalam sambutannya ia mengatakan tujuan diselenggarakannya kejuaraan ini adalah untuk menumbuhkan jiwa sportivitas dan mencari bibit-bibit unggul atlet karate dari Jombang khususnya dan atlet Jawa Timur pada umumnya. 

“Dengan menjunjung sportivitas dikejuaraan inilah, maka akan benar-benar terpilih atlet karate yang terbaik,” kata Jazuli.

Selesai sambutan, Jazuli menuju Gong yang sudah disiapkan oleh panitia. Dengan dipukulnya Gong sebanyak 5 kali oleh Sekda tersebut, Kejuaraan Karate Inkanas Antar Pelajar dan Mahasiswa se Jawa Timur ini resmi dibuka.

Hadir juga dalam upacara tersebut Kepada Disdikbud Jombang, Agus Purnomo, Ketua Koni Jombang, Tito Kadar Isman serta perwakilan dari jajaran Kodim 0814 dan Polres Jombang.

Ditemui redaksi Radio Suara Pendidikan disela-sela pertandingan, Ketua Panitia Pelaksana, Ade Rengga mengungkapkan kegiatan tersebut digelar untuk pembinaan dan menambah jam terbang bagi para atlet karateka Inkanas Jawa Timur, khususnya Kabupaten Jombang.

“Dari kejuaraan ini akan kita berikan reward untuk dua karateka terbaik, 1 putra dan 1 putri,” ungkapnya.

Ade menambahkan bahwa digelarnya Kejuaraan Karate Inkanas Antar Pelajar dan Mahasiswa se Jawa Timur yang ke 5 adalah untuk mencari atlet karate berbakat yang akan diikutkan pada event internasional di luar negeri.

Semantara itu Kepala Disdikbud Jombang, Agus Purnomo mengapresiasi digelarnya kegiatan kejuaraan seperti ini. Menurutnya dengan mengikuti kejuaran seperti ini maka para peserta bisa mengasah ketrampilannya dan bisa berprestasi khususnya dibidang karate.

“Junjung sportivitas agar pelaksanaanya nanti berjalan dengan baik, jadi tidak semata-mata mencari menang kalah. Tetapi harus bisa memberi contoh berprestasi dari kegiatan seperti ini,” pungkasnya. (WO/NR)