Jombang Targetkan Tiga Besar di LKS ke 28 se JATIM

Suarapendidikan.com,Tulungagung – Gelaran LKS (Lomba Kompetensi Siswa) SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) se Jawa Timur berlangsung sejak kemarin, yakni  dari tanggal 27 hingga 30 Januari 2020 mendatang. Kegiatan lomba tersebut dilaksanakan di kabupaten Tulungagung. Setiap siswa perwakilan sekolah dari kabupaten/kota masing-masing berebut tiket untuk melaju ke level nasional termasuk kabupaten Jombang.

Saat dihubungi tim redaksi Radio Suara Pendidikan Jombang melalui sambungan telepon kemarin (27/1), Ketua MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) SMK kabupaten Jombang, Supriyadi menyampaikan, sebelum naik ke level provinsi yang di gelar di Tulungagung ini terlebih dulu telah diadakan seleksi di tingkat wilker (Wilayah Kerja). Jombang masuk seleksi wilker IV (empat) yang terdiri dari delapan kabupaten.

“Hasil seleksi tingkat wilker IV, Jombang meloloskan 19 kompetensi keahlian dari berbagai sekolah menengah kejuruan (SMK) baik negeri maupun swasta,”terangya.

Dari 19 kompetensi keahlian yang berangkat, Jombang menargetkan bisa mendominasi juara minimal masuk tiga besar dari beberapa kategori yang diikuti. Supriyadi menambahkan ada beberapa kompetensi keahlian yang memiliki peluang besar lolos ke level nasional.

“Beberapa kompetensi keahlian yang memiliki peluang cukup bagus diantaranya yaitu tehnik bangunan, web design, graphic design, akuntansi, pemasaran (business daring), otomotif dan analis kimia, tutupnya.”

Untuk diketahui LKS Jawa Timur ke 28 kali ini mengusung tema “SIAP BERKOMPETENSI DAN BERPRESTASI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0” diikuti oleh 1550 peserta, 992 pendamping dari berbagai SMK Negeri dan swasta yang mewakili masing-masing kabupaten/kota.

Ada 60 bidang lomba yang diperlombakan, dilaksanakan di 10 tempat salah satunya di GOR Lembupeteng dan beberapa sekolah yang ditunjuk di seputaran Kota Tulungagung. (SF/NR)