Jombang Wacanakan Sekolah Tangguh

Suarapendidikan.com,Jombang – Meski Jombang Masih masuk dalam ZONA ORANGE Pemerintah Kabupaten Jombang telah mempersiapkan pola dan strategi pembelajaran dalam rangka menghadapi Kegiatan Belajar Mengajar secara tatap muka saat masuk ZONA KUNING.

Bupati Jombang Mundjidah Wahab menyampaikan terkait desakan agar kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka segera digelar atau sekolah kembali dibuka. Bahwa pelaksanaan KBM tatap muka sudah memiliki ketentuan, termasuk sistem zona daerah.

“Pemerintah pusat menyerahkan kebijakan pelaksanaan pembelajaran diserahkan pada pemerintah setempat,” kata Mundjidah di Pendopo usai mengukuhkan Dewan Pendidikan Kabupaten Jombang, periode 2020-2025, Selasa (25/8/2020) sore.

Untuk diketahui pada Selasa 18 Agustus 2020, Kabupaten Jombang sudah akan melaksanakan uji coba pembelajaran tatap muka di dua sekolah, yakni SMAN 3 Jombang dan SMKN Kudu. Namun, uji coba tersebut ditunda karena adanya satu siswa terdeteksi reaktif Covid-19. Uji coba pembelajaran itu, Selanjutnya sempat dialihkan ke Wonosalam, akan tetapi persiapan belum matang utamanya standar pemenuhan protokol kesehatannya.

Pihaknya juga merencanakan akan diadakan Sekolah Tangguh. Namun, beberapa syarat mengikat terkait hal ini. “Sekolah tangguh akan diresmikan jika sekolah sudah memenuhi protokol kesehatan dan fasilitasnya,” Pungkasnya.

Saat ini Pemkab sedang menggodok perubahan Peraturan Bupati (Perbup) Jombang Nomor 34 Tahun 2020 yang akan disesuaikan dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19. (NR)