Kartini Masa Kini Harus Bisa Berkarya

Staf dan Pegawai Disdikbud Jombang dalam peringatan Hari Kartini tahun 2020

Suarapendidikan, Jombang – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang ikut serta dalam peringatan Hari Kartini, pada Selasa pagi (21/4). Semua staf yang bertugas dalam proses pelayanan mengenakan pakaian khas adat Jawa Timur-an. Staf perempuan memakai kebaya, sedangkan bagi staf laki-laki mengenakan pakaian khas adat Jawa Timur tersebut lengkap dengan Odhengnya. Dalam moment tahunan ini terkandung makna melanjutkan perjuangan yang harus dilakukan oleh Kartini Masa Kini.

Kepala Sub Bagian Penyusunan Program dan Evaluasi, Ana Arisanti memaknai Hari Kartini di era modern sekarang ini adalah sebuah moment untuk terus tetap berjuang dari berbagai aspek. Karena menurutnya, wanita berpengaruh besar dalam sebuah perjuangan.

“Sekarang ini kan sudah banyak wanita-wanita yang sukses. Bahkan banyak juga kaum laki-laki yang sukses dengan peran dan dukungan wanita di belakangnya. Jadi, kita ini berpengaruh besar dalam sebuah perjuangan meraih sebuah kesuksesan itu sendiri,” ujarnya.

Ana mencontohkan, peran wanita dalam perjuangan masa kini adalah dengan upaya-upaya positif yang bisa dilakukan secara mandiri ataupun berkelompok.

“Kita bisa melakukan hal-hal yang bermanfaat, baik untuk diri kita sendiri maupun orang banyak. Misalnya, berprestasi di sekolah, di tempat kerja, atau di masyarakat. Kalaupun sebagai ibu rumahtangga, ya harus mendidik putra-putrinya dengan baik, sehingga mereka mempunyai akhlak yang baik pula, dan juga mendukung suami dalam hal karir,” kata Ana di ruangannya.

Ia menambahkan bahwa di tengah pandemi Covid-19 sekarang ini, wanita harus menjadi ujung tombak perjuangan pembelajaran di rumah atau home learning bagi buah hatinya.

“Semoga pandemi ini cepat berlalu, dan kita semua bisa beraktifitas normal lagi seperti sediakala,” imbuhnya.

Terkait Kartini masa kini, Pelaksana pada Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Disdibud Jombang, Denny Eka Anggraini menyebutkan bahwa Kartini masa kini harus bisa berkarya, berinovasi, dan menginpirasi banyak orang. Selain itu, menurutnya Kartini masa kini juga harus cantik lahir batin dan penuh perhatian.

“Tetap semangat dan terus berjuang Kartini-Kartini Indonesia. Selamat Hari Kartini,” pungkasnya. (W/NR)