KB-TK Al Muslim Sidoarjo Gelar Mitigasi Bencana Alam

Suarapendidikan,com, Sidoarjo -Kondisi cuaca ekstrim, hujan deras yang disertai angin kencang, juga banjir masih melanda di beberapa daerah. Oleh karena itu, KB-TK Al Muslim Sidoarjo telah mengadakan Mitigasi Bencana Alam, banjir dan gempa bumi.

Kepala KB-TK Al Muslim Sidoarjo Siti Aminah, M.Pd menuturkan kalau Mitigasi ini merupakan serangkaian upaya untuk mengurangi resiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana.

“Jadi hari ini adalah puncak pembelajaran dengan tema Gejala Alam, yaitu mengadakan kegiatan Mitigasi Bencana Alam  banjir dan gempa bumi, dan kami bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur beserta YDSF,” tutur Siti Aminah, pada (4/3/20).

Ia katakan, kegiatan mitigasi bencana bagi siswa KB-TK Al Muslim merupakan bekal keterampilan yang harus diketahui sejak dini. Karena mereka merupakan investasi masa depan cikal bakal generasi pemimpin bangsa mendatang yang rahmatan lil alamin, harus tanggap dalam berbagai situasi dan kondisi.

“Apa pun yang disampaikan kepada anak-anak usia KB-TK akan bertahan lama hingga mereka dewasa. Maka, pembekalan mitigasi bencana ini diharapkan menjadikan mereka dapat tanggap dan tangguh jika kelak menghadapi bencana. Mengingat Indonesia merupakan daerah cincin api atau ring of fire rawan bencana,” katanya.

Subandi dan Alfin Zayn Petugas dari BPBD Jatim menjelaskan tentang 12 macam bencana alam antara lain banjir, gempa, angin puting beliung, longsor, tsunami dan lain-lain. Mereka berdua dengan atraktif menjelaskan penyebab bencana cara menanggulangi bencana, dan simulasi bencana gempa bumi.

“Jika ada gempa harus berlindung di tempat yang aman, jika ada banjir berlindung ke tempat yang tinggi, harus membawa tas siaga isinya perlengkapan yang pentin. Seperti minuman, makanan, obat-obatan, dokumen penting di foto/scan disimpan di flasdisk, dan senter,” jelas Siti Aminah.

Pada akhir kegiatan, diadakan simulasi gempa bumi, hal ini memberikan pengalaman yang menarik bagi siswa KB-TK Al Muslim. Semua siswa diarahkan masuk ke kelas masing-masing lahu sirene pertama berbunyi tanda bahaya gempa, mereka serentak mencari perlindungan di dalam kelas, bunyi sirene kedua tanda mereka harus keluar ruang kelas dengan melindungi kepalanya masing-masing.

“Harapan kami seluruh warga KB-TK Al Muslim siaga bencana yaitu siap, tanggap, tangguh dan tidak gugup,” harap Ustadz Siti Aminah. (AS/NR)