Kemendikbud Latih Guru Gunakan Google Classroom

Suarapendidikan.com – Sebanyak 250 guru dari jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK  mengikuti pelatihan daring mengenai pemanfaatan Google Classroom dalam pembelajaran matematika di kelas. Pelatihan diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika di Yogyakarta, pada 22 Oktober s.d. 10 November 2020. Pelatihan yang sudah memasuki tahap kedua ini diikuti oleh guru-guru dari berbagai wilayah di Indonesia.

Progam pelatihan ini menjadi salah satu inovasi yang dilakukan Kemendikbud melalui PPPPTK Matematika di tengah pandemi Covid-19. Salah satu tujuan pelatihan adalah agar program peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan tetap berlangsung meski dilakukan secara daring dengan menggunakan aplikasi konferensi video. Koordinator Internal PPPPTK Matematika, Puji Iryanti, mengemukakan, pelatihan ini diharapkan dapat memfasilitasi peningkatan kompetensi guru, khususnya guru matematika.

“Penguasaan kompetensi dan teknologi terkait pembelajaran saat ini sangat dibutuhkan oleh guru terutama pada masa pandemi. Pemanfaatan penggunaan Google Classroom menjadi salah satu alternatif bagi guru untuk memfasilitasi pembelajaran jarak jauh bagi siswa,” ujar Puji saat pembukaan pelatihan pada Kamis, (22/10/2020).

Selama pelatihan tersebut, peserta mendapatkan materi pengenalan Google Classroom dan bagaimana merancang kelas daring untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas. Peserta juga didampingi oleh fasilitator yang berasal dari alumni terbaik Pelatihan E-Training Terstruktur PPPPTK Matematika. (Rina/NR)