Kemenpora RI dan Gemoni Sukses Selenggarakan Lomba Film Pendek Gelorakan Nasionalisme

Suarapendidikan.com – Lomba Film Pendek Nasional yang digagas oleh Gerakan Muda Ono Niha (Gemoni) dan didukung Kemenpora RI, sukses diselenggarakan dan para pemenangnya telah diumumkan di Ruang Theater Wisma Menpora, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (20/9). 

Kegiatan yang memantik kreativitas kaum muda dengan tema menggelora “Nasionalisme Berkebudayaan dan Berkeadaban” ini, sejak dirilis penyelenggaraannya pada (27/7) sangat didukung oleh Menpora RI Zainudin Amali. “Tema ini menarik, kreativitas ini diharapkan membangkitkan kembali semangat dan nasionalisme dikalangan anak muda Indonesia,” ucap Menpora RI. 

“Setiap kegiatan yang memacu kreativitas, inovasi, dan kemandirian anak-anak muda pantas untuk didukung, seperti lomba film ini. Dengan dukungan berbagai pihak akan memacu semangat sekaligus mendorong kesuksesan,” tambahnya saat dimintai testimoni jelang pendaftaran peserta. 

Menurut Ketua Umum Gemoni Vokus Harefa, antusias anak-anak muda khususnya dibidang sinematografi atau perfilman sangat luar biasa. Total tim yang mendaftar sejumlah 240, dan setelah proses verifikasi awal yang berhasil masuk dalam lomba ada 135 film dari 3 kategori, Kategori Umum, Kategori Mahasiswa, dan Kategori Siswa.  

“LFP yang diselenggarakan sejak 27 Juli sampai pengumuman 20 September 2020 berhasil menarik antusias kreator-kreator film pendek dari seluruh Nusantara. Temanya sangat serius karena berbicara tentang Pancasila, Nasionalisme, Kebudayaan, dan Keadaban,” katanya. 

Dewan Juri yang menyeleksi tidak diragukan, handal di bidangnya serta telah malang melintang di dunia perfilman nasional, yakni Jajang C Noer, Ruby Kholifah, Rano Karno, Yas Harefa, dan diketuai Hilmar Farid (Dirjen Kebudayaan Kemendikbud). 

Pemenang Juara 1 dari masing-masing kategori sebagai berikut, untuk Kategori Umum judul Tujuh Belas, nama tim Adfuntour Key, dengan muatan film Kejuangan. Untuk Kategori Mahasiswa, judul Re-Dream, nama tim Champz Production, dengan muatan film Kesetaraan Gender. Untuk Kategori Siswa, judul Alit, nama tim Teater La Jose, muatan film Kejuangan. 

Para pemenang tersebut sekaligus menempati predikat Juara Umum 1, 2, dan 3, selain mendapatkan dana pembinaan juga mendapat Thropy Penghargaan secara berurut dari Menpora RI Zainudin Amali, dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid, dan dari Ketua Dewan Pembina Gemoni Firman Jaya Daeli. (CA/NR)