Kepala Disdikbud Jombang Buka Workshop Penyelenggaraan PAUD Inklusif

Suarapendidikan.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang melalui Bidang Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non Formal (PNF), menggelar Workshop Penyelenggaraan PAUD Inklusif selama 2 hari (12-13/9/2020) di Aula 1 Disdikbud Jombang.

Workshop dibuka langsung oleh Kepala Disdikbud Jombang, Agus Purnomo didampingi Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan PNF, Bambang Rudy Tjahjo dan Kepala Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter, Hari Supriadi. Dalam sambutannya ia mengatakan peserta workshop harap mengikuti kegiatan ini dengan serius. Sehingga bisa mendapat ilmu yang bermanfaat dan dapat diterapakan di lembaganya masing-masing.

”PAUD Inklusif merupakan pendidikan yang tidak membedakan, apakah murid itu mempunyai kebutuhan khusus, miskin atau yang lain dan merupakan pendidikan yang terbuka,” ungkap Agus.

Hadir pemateri dihari pertama Endang Widiati, Pengembang dan Pokja Pendidikan Inklusi Provinsi Jawa Timur. Ia memaparkan materi tentang Manajemen, Hakekat dan Karakteristik Pendidikan Inklusif. 

”Pelayanan PAUD Inklusif harus maksimal tanpa terkecuali. Tidak memandang kondisi fisik, mental, sosial, ekonomi dan lain-lain. Dengan tetap melihat kondisi sesuai kebutuhannya,” ungkapnya.

Adapun Workshop ini diikuti 35 Guru PAUD yang terdiri dari satuan pendidikan Kelompok Bermain (KB), Taman Kanak-kanak (TK) dan Satuan PAUD Sejenis (SPS) yang menyelenggarakan PAUD Inklusif. (AA/NR)