Keseruan Kampanye Pentingnya CTPS Bersama Siswa TK Trisula 3 Jelakombo

Keseruan Kampanye Pentingnya CTPS Bersama Siswa TK Trisula 3 Jelakombo

Suarapendidikan, Jombang – Membudayakan hidup bersih sejak usia dini sangatlah penting. Salah satu hal yang bisa dilakukan agar terhindar dari berbagai penyakit adalah dengan cara Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS). Sebab tangan merupakan bagian tubuh yang sering terkontaminasi oleh kuman dan bakteri. Bahkan Kementerian Kesehatan sendiri telah menerbitkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan tentang Strategi Nasional Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) No. 852/Menkes/SK/IX/2008, yang menetapkan CTPS sebagai salah satu pilar strategi yang penting untuk dilaksanakan di Indonesia. Dengan demikian pelaksanaan kegiatan CTPS di Indonesia dapat berkesinambungan.

Kabupaten Jombang merupakan salah satu kabupaten yang gencar mensosialisasikan program CTPS kepada masyarakat. Seperti yang dilakukan oleh BLUD (Badan Layanan Umum Daerah) Puskesmas Jelakombo dengan sasaran program CTPS dimulai dari jejang pendidikan TK (Taman Kanak-kanak). Saat ditemui redaksi Radio Suara Pendidikan Jombang di tempat kerjanya (29/1), Plt. Kepala BLUD Puskesmas Jelakombo, dr. Puspitasari Pantjawardani menuturkan program CTPS merupakan program unggulan Puskemas Jelakombo yang sudah dilaksanakan lebih kurang selama sepuluh tahun, dengan sasaran masyarakat secara umum dan anak-anak jenjang TK khususnya.

“Karena anak TK kita anggap adalah anak-anak yang masih mudah untuk kita edukasi. Kita berusaha edukasi program CTPS ini sedini mungkin, supaya masyarakat yang lain itu tahu bahwa anak-anak TK aja sudah melakukan Cuci Tangan Pakai Sabun,” tuturnya.

Disinggung terkait bagaimana cara sosialisi CTPS ini agar masyarakat umum mengetahui tentang CTPS, dr. Yeyen sapaan akrabnya menjelaskan tim dari BLUD Puskesmas Jelakombo mendatangi TK yang menjadi target sosialisasi CTPS dengan mendokumentasikannya lalu di unggah di media sosial. Dengan begitu, edukasi CTPS ini bukan lagi sebuah paksaan melainkan sebuah kesadaran bagi masyarakat akan pentingnya  Cuci Tangan Pakai Sabun. “Kebetulan tim kami hari ini ada jadwal sosialisai ke TK Trisula 3, silahkan nanti ikut kesana” ujarnya.

Redaksi Radio Suara Pendidikan bersama dengan Meihindra C.SW selaku penanggungjawab sanitarian BLUD Puskesmas Jelakombo datang ke Yayasan Perwari Cabang Jombang TK Trisula 3. Kegiatan sosialisasi CTPS di sekolah yang terletak di jalan Adityawarman no. 17/38 kecamatan Jombang ini diawali dengan senam CTPS yang diikuti oleh seluruh warga sekolah. Selesai senam, anak-anak diajarkan tentang cara dan pentingnya mencuci tangan dengan baik.

Disela-sela kegiatan, Meihindra menjelaskan bahwa kegiatan CTPS ini adalah kegiatan pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat. “Saya sebagai penanggungjawab sanitarian Puskesmas Jelakombo mencoba memberikan pendididikan atau perhatian kepada anak-anak di tingkat TK,” jelasnya.

Menurut Meihindra, sebagian besar penyakit proses penyebarannya melalui tangan. Oleh karena itu, pihaknya ingin membangun pendidikan melalui CTPS kepada mayarakat khususnya anak-anak ini agar terhindar dari virus atau bakteri yang penyebarannya melalui tangan. “Terlebih terkait virus Corona, CTPS langkah yang tepat untuk mencegahnya,” imbuhnya.

Keseruan Kampanye Pentingnya CTPS Bersama Siswa TK Trisula 3 Jelakombo
Meihindra saat memperagakan CTPS kepada siswa TK Trisula 3 Jelakombo

Ia menambahkan, langkah cuci tangan yang benar menurut WHO yaitu :

  1. Tuang cairan handrub pada telapak tangan kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar pada air mengalir.
  2. Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian
  3. Gosok sela-sela jari tangan hingga bersih
  4. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci
  5. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian
  6. Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan

Kegiatan CTPS ini disambut baik oleh kepala sekolah TK Trisula 3, Sumilah. Menurutnya, kegiatan CTPS merupakan proses penanaman kebiasaan hidup bersih dan sehat yang bisa dimulai sejak usia anak-anak. Dengan kebiasaan mencuci tangan yang sesuai dengan aturan maka diharapkan kesehatan anak-anak bisa terjaga dan bisa mengikuti pelajaran dengan baik.

“Dengan CTPS anak-anak akan sehat terus, sehingga dia dapat berfikir dengan cerdas dan akan menjadi anak bangsa yang diharapkan oleh orang tua, negara dan semuanya,” pungkasnya. (WG/NR)