Kolaborasi Kebijakan Pendidikan Pada Webinar “Merdeka Belajar Pada Masa Pandemi”

Suarapendidikan.com, Jombang – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang berkolaborasi dengan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Jombang, Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Jombang dan Komunitas Guru Belajar Jombang mengelar Webinar “Merdeka Belajar Pada Masa Pandemi” pada Rabu pagi (15/7) di Studio Suara Pendidikan TV.

Jumadi, Sekretaris Disdikbud Jombang mendapat kesempatan pertama dalam penyampaian kebijakan pendidikan. Jumadi mengatakan untuk satuan pendidikan dibawah Disdikbud Jombang sudah diatur dalam Surat Edaran Kepala Disdiskbud Jombang, yang mengatur tentang kegiatan awal tahun pelajaran diadakan Pendidikan Lingkungan Sekolah (PLS) secara dalam jaringan (daring). Belajar Dari Rumah (BDR) dengan memanfaatkan teknologi, baik yang sudah disediakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, maupun inovasi dari Disdikbud Jombang.

“Serta semua pendidik dan tenaga pendidik melaksanakan tugas di lembaga masing-masing dengan menerapkan protokol kesehatan, untuk melaksanakan pembelajaran di tahun pelajaran 2020/2021,” ungkap Jumadi.

Rizqy Rahmat Hani, Pemateri Webinar yang juga sebagai Ketua Sekolah Lawan Corona mengatakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) harus ada komunikasi terlebih dahulu dengan orang tua dan siswa.

“PJJ bukan sekedar pembelajaran online, karena PJJ bisa diterapkan seperti program guru berkunjung. Bisa juga mengunakan frekwensi radio karena setiap daerah belum tentu sudah bisa mengakses internet” ungkap Rizqi.

Webinar ini lengkap dari berbagai stakeholder pendidikan di Kabupaten Jombang. Seperti Disdikbud Jombang menaungi satuan pendidikan formal mulai dari TK, SD dan SMP serta non formal mulai dari SKB, PKBM dan LKP. Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Jombang menaungi SMA, SMK serta PKLK, dan Kemenag Kabupaten Jombang menaungi RA/MI/MTs dan MA. Semoga mutu pendidikan di Kabupaten Jombang semakin meningkat. (AA/NR)

Materi webinar bisa anda download di link berikut ini :