KORMI Mitra Strategis Pemerintah Wujudkan Indonesia Bugar 2020-2045

Suarapendidikan.com – Menpora RI Zainudin Amali membuka Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI), secara virtual, dari Kediaman Jatiwaringin Jakarta Timur, Senin (28/9) pagi. 

Munaslub digelar secara protokol kesehatan di Hotel Grand Zurich, Tangerang Selatan, Banten. Munaslub yang diikuti oleh FORMINAS, induk organisasi olahraga masyarakat, dan 34 FORMI Provinsi ini sehubungan dengan perubahan nama dari FORMI menjadi KORMI (Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia), menyesuaikan dengan UU SKN No 3 Tahun 2005 yang saat ini sedang memasuki tahapan revisi.  

“Perubahan nama dari FORMI menjadi KORMI bukan sekedar seremonial semata, tetapi ada makna yang mendalam, lebih membuat para anggota KORMI nantinya lebih semangat untuk membugarkan masyarakat,” pesan Menpora RI. 

Lebih dari itu, selama ini secara data sudah banyak aktivitas yang diadakan oleh FORMI sebagai sumbangsih kepada kebugaran masyarakat. Apalagi sebagaimana disampaikan oleh Ketua Umum FORMI, Nasional Hayono Isman bahwa, selain tentang perubahan nama agenda Munaslub adalah dalam rangka menampung aspirasi para penggiat olahraga masyarakat dan induk organisasi untuk menyambut dan turut andil dalam mewujudkan Indonesia Bugar 2020-2045. 

“FORMI yang sebentar lagi berubah menjadi KORMI merupakan mitra strategis pemerintah dalam mendukung program pemerintah membudayakan, membugarkan, mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga, apalagi sudah mempersiapkan Indonesia Bugar 2020-2045,” tambahnya. 

Upaya FORMI dalam membugarkan masyarakat sejalan juga dengan Grand Design Keolahragaan Nasional yang dipersiapkan Kemenpora RI, dimana prestasi olahraga akan terwujud bila disuport para atlet yang bugar. Sumber para atlet yang penuh kebugaran berasal dari masyarakat yang bugar. “Awal prestasi dari kebugaran atlet, individu, dan masyarakat yang bugar. Tanpa itu sulit menemukan talenta-talenta atlet yang dipersiapkan guna pembinaan menuju prestasi,” tegasnya. 

Rakernas yang dihadiri 73 induk organisasi olahraga masyarakat tersebut adalah guna menetapkan dan memantapkan program kerja yang akan dilaksanakan sesuai periodisasi yang telah ditentukan. “Rakernas ini merupakan agenda tahunan sesuai AD/ART guna mengevaluasi kegiatan yang lalu, dan mempersiapkan berbagai kegiatan menjawab Indonesia Bugar 2020-2045, guna menghadirkan generasi tangguh, trengginas, bugar, produktif, kompetitif menuju Indonesia Emas 2045,” lapor Hayono Isman. (CA/NR)

kemenpora.go.id