Lawan Corona dengan Germas

Suarapendidikan, Jombang – Hingga hari ini (26/3), berbagai upaya meredam penyebaran covid-19 oleh pemerintah daerah di Indonesia terus digencarkan.  Di Kabupaten Jombang berbagai langkah pun dilakukan, selain melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah lokasi pemerintahan maupun tempat umum, pemerintah Kabupaten Jombang juga mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan pola hidup sehat. Ajakan tersebut digaungkan melalui Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat).

Dalam hal ini pemerintah Kabupaten Jombang memanfaatkan media sosial untuk mengedukasi masyarakat. Dilansir dari akun resmi Humas dan Protokol Setdakab Jombang, edukasi atau ajakan tersebut ditandai dengan diunggahnya pamflet “Ayo Cegah Penularan, Jaga Diri dan Keluarga Anda dari Virus Corona dengan Germas” yang merupakan ajakan kepada masyarakat agar hidup sehat dengan melakukan 6 langkah dari Germas.

6 langkah yang terkandung dalam Germas tersebut meliputi,

  1. makan dengan gizi seimbang,
  2. rajin olahraga dan istirahat cukup,
  3. cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir,
  4. gunakan masker saat batuk atau tutup mulut dengan lengan atas dalam,
  5. hindari kerumunan dengan orang banyak,
  6. bila demam dan sesak nafas segera kunjungi layanan kesehatan terdekat atau menghubungi call center 0821 3104 5439.

Dengan menerapkan 6 langkah di atas, diharapkan bisa menekan penyebaran virus Corona serta menjadikan kebiasaan masyarakat Kabupaten Jombang untuk hidup bersih dan sehat. Ingat, Mencegah Lebih Baik daripada Mengobati !. (WG/NR Foto : FB Humas dan Protokol Setdakab Jombang)