Lomba Keagamaan Islam Jenjang SD Tahun 2020 Kabupaten Jombang Digelar Secara Virtual

Suarapendidikan.com – Berdasarkan Program Kerja Bidang Pembinaan SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang Tahun Anggaran 2020, bahwa pada bulan Oktober tahun 2020 akan diselenggarakan Kegiatan Lomba Keagamaan Islam bagi peserta didik Sekolah Dasar (SD) Tahun 2020 di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang secara virtual.

Kegiatan sosialisasi dan teknical meeting tingkat kabupaten di gelar di Auala 3 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang pada Selasa (22/09/2020). Kegiatan diikuti oleh seluruh perwakilan kecamatan dan panitia lomba keagamaan tingkat kabupaten Jombang.

Kepala Seksie Pembinaan Peserta Didik dan Pembangunan Karakter SD Disdikbud Jombang Moh. Suyuti menyampaikan bahwa kegiatan lomba keagamaan tahun 2020 ini harus tetap diadakan meski dalam keterbatasan.

“Kegiatan lomba keagamaan tahun ini diadakaan berbeda dengan tahun-tahun lalu yang semua peserta ramai datang ke Dinas Pendidikan, kali ini lomba diadakan secara virtual dengan mekanisme sesuai yang sudah disepakati,” kata Suyuti saat membuka acara teknical meeting di aula 3 Disdikbud Jombang Selasa (22/9/2020).

Meski anggaran tahun ini terbatas untuk pelaksanaan kegiatan lomba keagamaan yang ruti digelar setiap tahunnya. Harapnnya kegiatan berjalan lancar agar kegiatan dalam rangka penggalian bakat anak-anak tidak terhenti karena situasi di masa pandemi ini.

“Dengan ada beberapa perubahan baik pelaksanaan maupun perihal teknis lainnya kita tetap optimis bahwa kegiatan ini akan menghasilkan bibit unggul dalam bidang keagaamaan,” pungkas Suyuti.

Untuk diketahui beberapa hal seputar kegiatan bisa dicermati sebagai berikut, mulai dari ketentuan sampai dengan Penilaian.

Jenis Kegiatan/Lomba.

Jenis kegiatan yang akan dilaksanakan dalam kegiatan Lomba Keagamaan IslamSDTingkatKabupaten tahun2020adalah sebagai berikut:

  1. .Lomba Tartil Al-Quran
  2. Lomba Qira’ah/Seni Baca Al-Quran (MTQ)
  3. Lomba Qosidah Modern
  4. Lomba Pildacil(Pemilihan Dai Cilik)
  5. Lomba Adzan

Kategori Lomba

  1. Tartil Al-Quran – (PA/PI) – Perorangan
  2. Qira’ah/Seni Baca Al-Quran (MTQ) – (PA/PI) – Perorangan
  3. Qosidah Modern – (PA/PI) – Perorangan
  4. Pildacil (Pemilihan Dai Cilik) – (PA/PI) – Perorangan
  5. Adzan – (PA) – Perorangan

Teknis Pelaksanaan

Kegiatan Lomba Keagamaan Islam SD Tingkat Kabupaten Tahun 2020 dilaksanakan secara virtual. Waktu pelaksanaan rangkaian kegiatan Lomba Keagamaan Islam SD Tingkat KabupatenTahun 2020 akan dilaksanakan pada:

  1. Sosialiasi: Selasa, 22 September 2020
  2. Pendaftaran: Selasa, 20 Oktober 2020
  3. Penilaian lomba: Selasa, 27 Oktober 2020

Peserta kegiatan lomba keagamaan Islam tingkat SD adalah Peserta didik Sekolah Dasar Kelas I -V yang masih aktif pada tahun pelajaran 2020/2021 sebagai duta peserta yang terpilih dari hasil seleksi/juara di tingkat kecamatan. Khusus Lomba Qoshidah Modern bisa diikuti peserta didik kelas VI.

Lebih lengkap silahkan download lampiran dibawah ini: