Mahasiswa Unipdu Kenalkan Teknologi Sejak Dini Kepada Siswa SD

Suara Pendidikan – Dimasa Pandemi Covid-19 saat ini menuntut segala sektor untuk jaga jarak dan menerapkan beberapa protokol kesehatan.

mengingat Jombang masih berada di zona bahaya sebaran corona, kegiatan belajar mengajar di sekolah masih di tiadakan.
Sekolah daring atau sekolah jarak jauh dari tingkat SD hingga SMA pun masih di berlakukan.

Kemampuan sejumlah siswa tak sepenuhnya sama, mereka yang belum mengenal teknologi daring pun dituntut untuk bisa melakukannya demi kegiatan belajar mengajar terus berlangsung.

Dalam kesempatan ini, salah satu universitas yang memiliki basis teknologi dan sistem informasi di Jombang yakni Universitas Pesantren Darul Ulum Jombang (UNIPDU) mengirimkan sejumlah mahasiswa ke masyarakat untuk mendampingi para siswa yang masih keterbelakangan teknologi.

Program yang diberi nama Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) bertujuan membantu masyarakat yang masih belum melek teknologi.
Selain itu untuk mengimplementasikan keilmuan mahasiswa di tengah masyarakat serta membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan sumber daya manusia yang handal dan kompeten di era globalisasi, KPM Mandiri Unipdu merupakan kegiatan yang berada di bawah naungan Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LP2M) Unipdu Jombang .

Nabila, salah satu mahasiswi jurusan sistem informasi ini, setiap hari memberikan pelatihan komputer kepada sejumlah pelajar sekolah dasar di desa Plosogeneng, Jombang.

Saat terjun di masyarakat, Ia menceritakan banyak orang tua siswa yang belum bisa mengikuti tuntutan teknologi yang diterapkan saat pandemi covid-19 terutama dalam hal belajar jarak jauh.

“Ternyata orang tua mereka ada yang belum bisa mengajari anak-anaknya untuk melakukan sekolah jarak jauh. Seperti contohnya, siswa mendapat tugas yang harus di kerjakan melalui komputer”, jelas Nabila.

Salah Satu Program Kerja dalam pelaksanaan KPM Mandiri Adalah Desa Melek IT yang mana mahasiswa memberikan pelatihan dasar komputer seperti penggunaan Microsoft Office dan lain sebagainya.

“Saya selalu pesan kepada mahasiswa yang sedang terjun langsung ke masyarakat untuk selalu memberikan edukasi teknologi, terutama untuk mereka yang masih berusia dini agar bisa mengikuti perkembangan zaman” Ujar Diema Hernyka selaku dosen pembimbing.

Sementara itu, program KPM ini berlangsung di sejumlah wilayah dengan menerapkan edukasi teknologi yang berbeda.

#kpmmandiriunipdu2020

Mahasiswa Unipdu Kenalkan Teknologi Sejak Dini Kepada Siswa SD.
Siti Almaida Anabila NIM 4117074, Program Studi Sistem Informasi