Mulai Besok, Pasar Peterongan Ditutup Sementara

Suarapendidikan.com, Jombang. Antisipasi penyebaran virus setelah diketahui sejumlah pedagang dinyatakan positif Covid-19. Pemkab Jombang tutup pasar Peterongan sementara Mulai Besuk hingga tiga hari kedepan .

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Jombang, Bambang Nurwijanto menyampaikan bahwa pengambilan langkah ini supaya penyebaran virus tidak meluas.

Ia menyebut, penutupan akan dilakukan selama tiga hari terhitung mulai Kamis (4/6) hingga Sabtu (6/6) nanti. Hari berikutnya, Minggu (7/6), pasar akan kembali buka seperti biasa.

“Penutupan dilakukan menyeluruh, baik pasar di sisi timur, maupun sisi barat seluruhnya ditutup. Kecuali ada satu apotik ,” terang bambang.

Selama penutupan pasar diwajibkan dalam kondisi kosong dan semua pedagang tidak diperbolehkan masuk dengan alasan apapun. Selama tiga hari tutup, Bambang juga menyebut akan melakukan sterilisasi pada seluruh titik pasar.

Penegasan senada disampaikan Koordinator Bidang Pencegahan Gugas PP Covid-19 Jombang Agus Purnomo. Penutupan Pasar Peterongan itu dilakukan sementara hanya tiga hari.

Agus menambahkan, penutuapan ini sebagai upaya preventif munculnya cluster baru di Pasar Peterongan. Selain disemprot, lapak pedagang nanti juga akan ditata dengan memenuhi protokol kesehatan.

Melalui Surat edaran bernomor 593/2364/415.32/2020 yang keluar pada (2/6) kemarin ditembuskan pada Bupati Jombang, wakil Bupati, Ka SATPOL PP, Camat Peterongan dan Kapolsek Peterongan sudah disampaikan kepada pedagang pasar dan pembeli atau pengunjung pasar peterongan untuk dipatuhi secara bersama agara pencegahan penilaran bisa berjalan maksimal. (AF/NR)