Pemerintah Geser Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1441 H

Sumber : Menpan.go.id

Suarapendidikan.com, Jombang – Pemerintah Indonesia melakukan revisi Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri (Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) tentang Hari Libur dan Cuti Bersama tahun 2020 terkait penambahan 4 (empat) hari untuk cuti bersama pada tahun 2020.

Dikutip dari laman www.menpan.go.id, sesuai arahan Presiden dalam Ratas Antisipasi Mudik Lebaran, guna menetapkan perubahan cuti Bersama tersebut maka dilakukan dengan menggelar Rapat Tingkat Menteri (RTM).

RTM dilakukan melalui Video Conference yang diikuti oleh Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menpan RB Tjahjo Kumolo, Menaker Ida Fauziyah, Menag Fachrur Razi, Menparekraf Wisnutama, Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo, Kapolri Idham Aziz dan perwakilan K/L terkait lainnya, pada Kamis (9/4) lalu.

Kesepakatan RTM yang ditetapkan dalam SKB tersebut, adalah ;

  • cuti bersama Idul Fitri 1441 H, yang semula ditetapkan 26-29 Mei 2020 digeser ke tanggal 28-31 Desember 2020,
  • libur Hari Raya Idul Fitri tetap pada 24-25 Mei 2020,
  • tambahan cuti bersama pada hari libur nasional Maulid Nabi Muhammad SAW pada 28 Oktober 2020.

Pergeseran cuti bersama di akhir tahun dilakukan dengan pertimbangan bahwa pandemi Covid-19 diperkirakan telah tertangani dengan baik. Selain itu, akhir tahun juga merupakan masa liburan sekolah dan memberikan waktu pada keluarga untuk memiliki waktu yang cukup dalam merencanakan liburan. (w/nr)