Pendopo Kabupaten Jombang Jadi Latar Mendongeng Siswa SD se-Jombang

Suarapendidikan.com, Jombang –  Dalam upaya meningkatkan Minat Gemar Membaca serta mempertahankan warisan kebudayaan Jombang maka Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Jombang pada hari Rabu (5/2) melaksanakan Lomba Story Telling (bercerita) tingkat SD/MI se Kabupaten Jombang. Kegiatan ini juga menjadi salah satu upaya mewujudkan Misi Bupati Jombang untuk menciptakan Jombang berkarakter dan berdaya saing dengan cara meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas melalui Lomba Story Telling (bercerita) tingkat SD/MI.

Lomba yang dibuka oleh Asisten Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Jombang ini diikuti oleh 50 peserta yang merupakan perwakilan dari seluruh kecamatan di Kabupaten Jombang. Mereka merupakan peserta yang telah diseleksi di setiap kecamatan. Kejuaraan lomba Story Telling ini dipilih 3 peserta terbaik.

Kegiatan Lomba Lomba Story Telling (bercerita) tingkat SD/MI se Kabupaten Jombang tahun 2020 dilaksanakana di Pendopo Kabupaten Jombang. Dewan juri pada lomba mendongeng kali ini adalah Dian Sukarno, Rialita Fitri dan Andi Setyo Wibowo. Kriteria yang dinilai dalam lomba mendongeng ini meliputi keseuaian dengan tema, penampilan, dan ketepatan waktu.

Rialita Fitri salah satu juri mengungkapkan dari 50 peserta akan diambil 3 juara.

“Event ini ditujukan juga untuk menjaga tradisi lisan pada generasi penerus bangsa khususnya siswa SD sehingga mereka tidak luput dari proses edukasi dengan dongeng semacam ini.”ujarnya

Sementara Nenin Naining Tyas salah satu guru pendamping dari Kecamatan Sumobito mengungkapkan pihaknya menggelar beberapa kali untuk mengikuti lomba mendongeng ini. “Kami melakukan pembinaan selama 7 kali pertemuan karena pemberitahuan tentang adanya lomba ini juga cukup mendadak. Kami berharap meskipun mungkin persiapan kami kurang maksimal, namun potensi anak-anak tetap bisa dimunculkan dengan adanya lomba mendongeng ini”ungkapnya (A/NR)