Penyetaraan Jabatan Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional Berlaku Hingga 30 Juni 2020

Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji saat membuka Rapat Koordinasi Percepatan Penyetaraan Jabatan Administrasi ke Dalam Jabatan Fungsional, Kamis (11/06). Sumber : www.menpan.go.id

Suarapendidikan.com, Jombang – Percepatan pelaksanaan penyetaraan jabatan administrasi ke dalam jabatan fungsional dalam rangka mendukung penyederhanaan birokrasi tertuang pada Surat Edaran Menpan RB Nomor : B/312/M.SM.02.00/2020 tanggal 10 Juni 2020.

Hal itu merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden RI terkait langkah-langkah strategis penyederhanaan birokrasi melalui penataan kelembagaan dan pengalihan jabatan administrasi ke dalam jabatan fungsional melalui mekanisme penyetaraan jabatan.

Adapun isi dari SE yang ditandatangani oleh Menteri Tjahjo Kumolo tersebut adalah :

  1. Bahwa untuk menjamin kepastian dan pengembangan karir Pejabat Admistrasi yang terdampak penyederhanaan birokrasi, telah ditetapkan Permenpan RB Nomor 28 tahun 2019 tentang Penyetaraan Jabatan Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional.
  2. Berdasarkan ketentuan Pasal 16 Permenpan RB Nomor 28 tahun 2019 tentang Penyetaraan Jabatan Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional, menyebutkan bahwa penyetaraan jabatan berlaku sampai dengan tanggal 30 Juni 2020.
  3. Selanjutnya arahan Wapres pada Rapat Komite Pengarah Reformasi Birokrasi Nasional, tanggal 12 Desember 2019, menyebutkan bahwa batas akhir pengalihan jabatan struktural Eselon III dan IV diperpanjang, yang semula sampai dengan tanggal 30 Juni 2020 menjadi tanggal 31 Desember 2020.

Atas dasar hal itulah, maka Kementrian/Lembaga dan Pemerintah Daerah mengambil langkah-langkah percepatan Penyetaraan Jabatan Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional dalam mendukung pengembangan karir PNS di lingkungan masing-masing. Dan terkait hal-hal teknis penyetaraan jabatan dapat dilihat dalam penjelasan Panduan Pelaksanaan Penyetaraan Jabatan Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional yang dapat diunduh di www.menpan.go.id atau melalui nomor telepon 021-7398381 – ekt.2120. (w/nr)