Perkumpulan Panahan Berkuda KPBI Chapter Jombang Sumbangkan APD Untuk Tangani Covid-19

Suarapendidikan.com, Jombang – Perkumpulan Panahan Berkuda Indonesia (KPBI) Chapter Jombang, menyerahkan bantuan Face Shield (FS) untuk keperluan penanganan pandemi Covid-19 kepada Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Kamis (30/4) siang. Penyerahan tersebut berlangsung di gedung Sekretariat IDI Jombang.

Penyerahan bantuan tersebut termotivasi dari banyaknya tenaga medis yang membutuhkan alat pelindung diri (APD) yang merupakan alat pengaman bagi tenaga medis dalam menjalankan tugas penanganan Covid – 19.

Alat pelindung diri Face Shiled tersebut merupakan hasil produksi anggota KPBI dengan dibantu oleh elemen masyarakat termasuk Arhanud yang khusus dibagikan secara gratis dan dapat digunakan secara aman dan nyaman kepada seluruh tenaga medis di Jombang.

Fuji Setiawan Ketua KPBI Jawa Timur yang turut hadir dalam penyerahan bantuan terssbut menyatakan APD Face Shiled tersebut sangat aman dan nyaman di gunakan oleh tenaga medis sebagai alat pelindung diri saat menangani pasien dan bisa melindungi diri dari droplet pasien yang posisinya lebih tinggi dari tenaga medis karena terdapat pelindung ganda di muka dan diatas muka atau menutup muka dan kepala bagian atas.

“Kami memproduksi ini dipandu dari kawan- kawan medis juga, sehingga faceshield ini sudah sesuai standar medis.”ungkapnya

Ia menambahkan dana yang digunakan untuk pembuatan faceshield ini adalah dana mandiri yang digali dari anggota KPBI dari seluruh Indonesia.Ia menyatakan beberapa agenda yang seharusnya digelar akhirnya ditunda bahkan dibatalkan dan dananya dialihkan untuk pembuatan faceshield ini.

Sementara itu M. Sjarifudhin, Ketua Satgas Penanganan Covid19 IDI cabang Jombang menyampaikan terima kasih dan berharap agar alat pelindung diri Face Shield tersebut bisa terus di produksi, dan disalurkan kepada yang membutuhkan karena masih banyak kebutuhan APD tersebut.

“Kami ucapkan terima kasih dari teman – teman KPBI atas donasinya, kami akan salurkan kepada titik – titik yang membutuhkan”jelasnya.

Sementara itu Onny Prasetyo anggota KPBI Jombang berharap dengan adanya bantuan tersebut bisa sedikit lebih membantu para tenaga medis dalam bertugas menangani penyebaran virus Covis – 19 atau paseien yang telah terjangkit dan bisa melindungi diri mereka sendiri sehingga bisa bertugas dengan maksimal, aman dan nyaman

“Ya meskipun sumbangan ini tidak sebanding dengan kebutuhan saat ini, namun harapannya bisa menggugah semua pihak untuk ikut serta bergotong royong memerangi COVID-19 sesuai peran dan kemampuannya masing-masing.” tuturnya.

Selain disalurkan kepada IDI, KPBI juga menyalurkan bantuan faceshield kepada Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Jombang. (A/NR)