Permudah Guru Saat Pembelajaran Daring, Kemendikbud Luncurkan Portal Guru Berbagi

Suarapendidikan.com, Jombang – Kementrian dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan portal Guru Berbagi, guna membatu guru dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh secara daring. Hal tersebut merujuk pada pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) dan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan  Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat  Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) tanggal 24 Maret 2020.

Portal Guru Berbagi hadir  untuk mendukung guru untuk tetap memberikan pembelajaran yang bermakna bagi seluruh peserta didik, guru dapat menemukan referensi, ide pembelajaran dan mengikuti berbagai aksi kolaborasi guru Indonesia, melalui tautan https://guruberbagi.kemendikbud.go.id

Dalam laman tersebut disajikan berbgai menu yang dibutuhkan oleh guru dalam proses pembelajaran jarak jauh ini. Diantaranya menu RPP Populer sudah diurutkan secara otomatis dari yang paling sering dibaca. Kalaupun ingin mencari inspirasi atau ide tentang sebuah artikel, pengunjung tinggal klik menu Artikel Terbaru. Bahkan disediakan menu untuk guru yang mencari referensi guna memodifikasi RPP sesuai dengan kebutuhannya. Menu Aksi Guru Berbagi juga disediakan dalam laman ini. Sehingga para pengunjung laman dapat mengakses dengan mudah tentang berbagai aksi dari para guru tersebut.

Laman Guru Berbagi bersifat terbuka untuk umum dan sampai saat ini sudah ada 60 lebih RPP yang telah diunggah. (W/NR)