Persiapan Pelaksanaan Tahun Ajaran Baru SMA dan SMK 2020/2021

Suarapendidikan.com, Jombang – Kegiatan Belajar mengajar untuk tingkat SMA dan SMK se Jawa Timur akan dimulai pada senin (13/6), sesui dengan pengumuman Kementerian dan Pendidikan Kebudayaan. Senada dengan hal tersebut Dinas Pendidikan Jawa Timur berencana akan membuka kembali Kegitan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah.

Kepala Dindik Jatim, Dr.Ir. Wahid Wahyudi, MT menyampaikan KBM tahun ajaran 2020 rencana akan dibuka tanggal 13 Juli. “Bukan berarti selama ini tidak ada KBM, Pembelajaran memang tidak bisa dilakukan disekolah tapi menggunakan virtual,” ungkap wahid.

Dindik Jatim menyiapkan beberapa skenarion pembelajaran dalam menghadapi darurat covid-19, apabila sampai akhir Juli 2020 tidak ada penurunan pasien terkonfirmasi secara signifikan, maka KBM tetap dilaksanakan secara virtual. sedangkan bila terdapat penurunan pasien terkonfirmasi yang cukup signifikan maka KBM akan dilakukan secara tatap muka namun secara bergantian. 

Dalam menuju kenormalan baru atau new normal era, Dindik menghimbau sekolah lebih siap menegakkan pelaksanaan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di sekolah. Sepeti menyediakan tempat cuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun cair, menyiapkan masker, penyemprotan desinfektan secara berkala baik diruang kelas, tempat ibadah, laboratorium, dan semua area sekolah. 

Wahid berharap ke seluruh siswa SMA/ SMK sederajat untuk tetap semangat dalam belajar di era pandemi, serta memanfaatkan dan mengoptimalkan teknologi dalam belajar. (OC/NR)

Sumber : UPT TIKP Jatim