Pesan Kadisdikbud Jombang pada Kepala Sekolah Baru

Suarapendidikan, Jombang – Serah terima jabatan kepala sekolah jenjang TK, SD dan SMP Negeri lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang tahun 2020 digelar di aula 1 pada Jumat (7/2) pagi.  Acara tersebut diselanggarakan oleh Disdikbud Jombang melalui Bidang Pembinaan Ketenagaan yang dihadiri oleh 79 kepala sekolah. Jumlah itu terdiri dari 76 kepsek baru yang sudah dilantik oleh Bupati Jombang Mudjidah Wahab di Ruang Bung Tomo Pemkab Jombang pada Rabu (5/2) lalu, dan 3 kepsek lama.  

Hadir  dalam acara ini, Kepala Disdikbud Agus Purnomo, Sekretaris Disdikbud Jumadi, Wakil Ketua PGRI Jombang Sulaikan, dan Ketua Dewan Pendidikan Jombang Hendik beserta para pengawas TK, SD dan SMP.

Acara ini diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya yang diikuti oleh semua peserta, lalu dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan Bupati Jombang nomor : 188.4.45/44/415.41/2020 tanggal 4 Pebruari 2020 tentang Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil yang diberi tugas tambahan sebagai kepala sekolah di Kabupaten Jombang oleh Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan, Didik Pambudi Utomo.

Dalam sambutannya kepala Disdikbud Jombang Agus Purnomo menyampaikan selamat dan sukses kepada para peserta, serta memberikan arahan agar senantiasa mentaati semua aturan perundang-undangan terkait pendidikan yang berlaku.

“Banyak sekali aturan yang mengatur tentang pendidikan ini, seperti undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional,” kata Kadisdikbud Jombang.

Kadisdikbud sedang memberi arahan kepada peserta sertijab kepala sekolah baru

Agus menjelaskan bahwa dalam pelaksanaannya peserta harus mengacu pada peraturan pemerintah (PP) nomor 19 tahun 2005  tentang kriteria minimal pada sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berisikan 8 standar nasional pendidikan. Yakni meliputi standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian.

“Bapak Ibu sekalian harus tahu dan harus dipelajari aturan itu, karena sebagai kepala sekolah  harus tau persis apa yang harus dilakukan,” tegasnya.

Diakhir sambutanya Kadisdikbud Jombang ini berharap agar para kepala sekolah yang hadir ini, kedepan harus bisa menguasai manajemen organisasi yang meliputi perencanaan (planning), pengarahan (lead), kontrol (controlling), pengorganisasian (organizing), motivasi (motivation), kepegawaian (staffing,) dan manajemen waktu (time menegement).

Hal itu dikarenakan di tahun ajaran baru nanti, pihaknya mempunyai program bahwa kepala sekolah harus memaparkan visi dan misi dari masing-masing satuan pendidikan dengan tujuan agar diketahui pencapaian dan persoalan yang dihadapi para kepala sekolah di Jombang. Sehingga bisa menjadikan pendidikan di Jombang lebih baik.

Selesai sambutan dari kepala Disdikbud Jombang acara dilanjutkan dengan serah terima jabatan kepala sekolah TK, SD, dan SMP Negeri secara simbolis dengan didampingi kepala Disdikbud Jombang. Peserta penyerahan simbolis ini perwakilan dari jenjang TK yaitu Nur Khamidah selaku kepala TK Pembina Tembelang menyerahkan kepada pejabat baru yakni Endah Dewanti. Perwakilan dari jenjang SD yaitu Titik Nuriyati selaku kepala SDN Bulurejo 2 Diwek menyerahkan jabatan kepada Nanik Damayanti. Adapun perwakilan dari jenjang SMP diwakili oleh Enggarini Retnaningtyas selaku kepala SMPN 2 Bareng menyerahkan kepada Rudhi Atmoko.

Ditemui setelah selesai acara, salah satu peserta Janadi yang dulu menjabat sebagai plt kepala SDN Pojoklitih 2 Kecamatan Pladaan dan sekarang sudah dilantik secara resmi sebagai kepsek di sekolah tersebut menuturkan merasa bangga karena selama dua tahun lebih menunggu untuk mendapatkan Surat Keputusan (SK) Definitif dan dihari ini (7/2) pihaknya resmi memperolehnya.

“Bangga dan senang memperoleh SK Definitif ini, semoga kedepan saya dan teman-teman yang lain bisa meningkatkan kinerja lebih maksimal,” tutupnya. (WG/NR)