PON 2020 Ditunda, Ini Usulan KONI Pusat dan Daerah

Menpora Zainudin Amali saat telekonferensi (Foto : kemenpora.go.id)

Suarapendidikan.com, Jombang – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali melakukan telekonferensi dengan awak media terkait PON 2020 Papua, kemarin sore (15/4).

Seperti yang dilansir dari website kemenpora.go.id, Menpora mengungkapkan bahwa ditundanya PON 2020 menjadi bulan Oktober tahun 2021 itu adalah usulan dari KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) Pusat dan Daerah.

“Sebenarnya ada usulan juga yang dilakukan bulan Maret, tetapi kemudian ada pertimbangan bahwa bulan Maret itu anggaran di daerah belum semuanya keluar,” kata Menpora.

Adapun hasil diskusi bersama KONI Pusat, KONI Daerah termasuk juga dengan PB PON, yaitu Piala Dunia 2021 akan dilaksanakan pada bulan Mei-Juni, Olimpiade 2021 bulan Agustus, Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2021 pada bulan September, SEA Games Vietnam bulan November dan pada akhir tahun akan digelar Moto GP.

Namun demikian, Menpora juga menyatakan bahwa bulan Oktober tersebut, juga tergantung dari kondisi pandemi Covid-19. Ia meminta kepada masyarakat dan stakeholder olahraga Indonesia untuk bersabar terlebih dahulu mengenai waktu penundaan PON 2020.

“Secepatnya Insyaallah akan ada keputusan terkait waktu penundaan PON 2020 Papua nanti. Jadi semuanya saya harap bersabar,” pungkasnya.