Raih Prestasi Wushu Di Usia Belia, Pelajar Jambi Peroleh Beasiswa

Suarapendidikan.com, Jambi – Gelaran Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Wushu Junior dan Senior Piala Bergilir Presiden 2019 di GOR Sahabuddin Pangkalpinang Provinsi Bangka Belitung pada tanggal 23-27 Juni 2019 lalu, melahirkan atlet-atlet berbakat. Salah satunya adalah Ragusia Tiffani siswi kelas X SMA Negeri 6 Jambi.

Dalam Kejurnas tersebut ia meraih 1 medali emas, 1 perak dan 1 perunggu pada kelas Junior di nomor Wushu Taolu. Meski ia bukan peraih juara, namun prestasi yang diraih gadis kelahiran bulan Juli 2004 ini membanggakan kedua orang tuanya.

Dihubungi via telepon oleh redaksi Suara Pendidikan (7/3), Tiffa sapaan akrabnya mengatakan bahwa prestasi yang diraih belum memuaskan hatinya. Menurutnya diusia yang masih belia masih ingin meraih juara pada ajang berikutnya.

“Belum puas, saya masih terus fokus berlatih dan berlatih hingga bisa Go Internasional,” kata Tiffa.

Ia juga mengungkapkan bahwa prestasi yang diraihnya bukan hanya itu saja, melainkan dirinya juga pernah meraih 3 medali perak pada Kejuaraan Wushu Piala Walikota Surakarta dan Piala Rektor UNISRI di tahun 2017. Dan ia juga pernah meraih 1 medali perunggu pada ajang Kejurnas Wushu Junior di Yogyakarta pada tahun 2018.

Sederet prestasi yang diraih membuatnya mendapat berbagai reward. Salah satunya adalah mendapat beasiswa sekolah bagi atlet yang berprestasi.

Disinggung tentang akademik, pada kesempatan yang sama, Rama ibu dari gadis yang juga hobby volly ini mengungkapkan bahwa sejauh ini dia masih bisa membagi waktu antara sekolah dan latihan. Menurutnya prestasi yang diraih putrinya tersebut merupakan hasil dari kedisiplinan dan kefokusan dalam berlatih wushu tanpa mengesampingkan tugasnya sebagai pelajar.

“Sebagai orang tua, selagi yang dilakukan anak itu positif kita dukung saja. Kita tugasnya hanya mendukung dan mengarahkan, selebihnya niat dan kemauan dari si anak yang menentukan,”ungkapnya.

Rama juga mengatakan bahwa target di tahun 2020 untuk putrinya adalah tampil sebagai juara pada ajang Kejuaraan Wushu Piala Rektor UNNES Semarang tanggal 8-12 April dan Kejurnas Wushu Senior dan Junior tanggal 26 Juni – 3 Juli mendatang.

“Semoga si Tiffa ini, bisa juara diajang berikutnya. Belajar dan berprestasi patut untuk didukung secara penuh,” pungkasnya. (WG/NR)